Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Forum Kompas Tanam 200 Bibit Pohon di Pulau Yohiki Papua

Kami melihat tempat yang belum ada pohon. Dan ini menjadi program kami yaitu menghijaukan daerah yang ada mata airnya

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
BIBIT POHON - Forum Komunikasi Pemuda Adat Sentani bersama Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri bersiap melakukan penanaman bibit pohon di Pulau Yohiki, Kampung Putali, Distrik Sentani, Minggu (5/6/2022). 

Laporan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Forum Komunikasi Pemuda Adat Sentani (Kompas) menanam 200 bibit pohon dalam acara peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2022 di Pulau Yohiki Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Ketua Forum Kompas, Yonas Kalem mengatakan forum tersebut telah terbentuk beberapa tahun lalu. Kegiatan pertama yaitu pembersihan sampah dan penanaman pohon pada peringatan Hari Air Sedunia (22/3/2022) lalu.

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Ratusan Pohon Sagu akan Ditanam di Kampung Ifale Sentani

"Kami melihat tempat yang belum ada pohon. Dan ini menjadi program kami yaitu menghijaukan daerah yang ada mata airnya," katanya di Pulau Yohoki, Kampung Putali, Distrik Sentani, Minggu (6/6/2022).

Beberapa jenis bibit pohon seperti bibit pohon cemara dan jati putih ditanam di kawasan yang menjadi penyangga mata air.

Ia berharap masyarakat di sekitar kampung juga dapat membantu merawat bibit pohon yang telah ditanam.

"Masyarakat juga harus memahami agar tidak menebang pohon secara sembarangan. Saya sudah minta kepada kepala kampung agar memperhatikan dan juga dukung hal ini, " ujarnya.

KLHK dan Pemda Jalin Sinergitas Jaga Hutan dan Lingkungan Hidup di Papua

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri juga menghadiri penanaman pohon tersebut sangat mengapresiasi dan mendukung program yang dilakukan Kompas.

"Menjadi satu sinergitas pemerintah yakni kampung juga komunitas dan lembaga pemasyarakatan dalam rangka pembangunan lingkungan," katanya.

Dalam rangka menyambut peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, merupakan satu gagasan dari komunitas dan masyarakat untuk bersama dalam pembangunan lingkungan dari berbagai aspek.

Dikaitkan soal Sampah Popok yang Berserakan di Pantai, Dinas Lingkungan Hidup: Bukan Kewenangan Kita

Dikatakan, tema peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini adalah Satu Bibit untuk Masa Depan, di mana Kabupaten Jayapura pun telah melaksanakan berbagai kegiatan bersama pemerintah.

Adapun kegiatan DLH Kabupaten Jayapura yaitu penataan lingkungan, pembersihan danau dan sungai, dan penanaman pohon.

Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD Tema 8: Bagaimana Lingkungan Hidup yang Nyaman?

"Kegiatan hari ini adalah rangkaian partisipasi masyarakat dalam rangka menyambut hari lingkungan hidup sedunia," ujarnya.

Sementara itu, apel peringatan Hari Lingkungan Hidup bakal dilaksanakan Kabupaten Jayapura berintegrasi dengan Pemerintah Provinsi pada 10 Juni 2022 di Kampung Ifale, Distrik Sentani yang rencananya akan dipimpin Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw.

Dalam kegiatan tersebut akan dilakukan penanaman bibit sagu dari warga binaan dan Dinas Lingkungan Hidup. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved