Nasional

UMKM Hadapi Tantangan di Era Digital, Teten Masduki Buka Suara

Teten mengatakan, tantangan digitalisasi UMKM meliputi infrastruktur, literasi digital, serta kapasitas dan kualitas produksi.

Humas Kemenkop dan UKM
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebutkan UMKM merupakan sektor yang berperan penting terhadap perekonomian Indonesia.

Pasalnya, sektor ini berkontribusi sebesar 61 persen terhadap PDB, dan sebanyak 64 juta UMKM mampu menyerap 97 persen tenaga kerja.

"Adapun untuk memperkuat ekosistem tersebut, perlu percepatan transformasi UMKM yang dilakukan melalui pendekatan holistik mulai dari hulu, supply, proses, hingga hilir atau demand," kata Teten Masduki dalam webinar "Recovery Phase, Fundamental Transformation for MSME", ditulis Jumat (10/6/2022).

Demikian, di era digital saat ini UMKM memiliki beberapa tantangan untuk berkembang dan berdaya saing.

Teten mengatakan, tantangan digitalisasi UMKM meliputi infrastruktur, literasi digital, serta kapasitas dan kualitas produksi.

"Untuk mengembangkan ekosistem UMKM, perlu adanya sinergitas dari berbagai pihak," ujarnya.

Menurutnya ekosistem UMKM yang tangguh yaitu terhubung dari hulu ke hilir, adanya akses pembiayaan, offtaker, menggunakan teknologi, sehingga memiliki posisi daya tawar yang kuat. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved