Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

KMB Kabupaten Jayapura Bentuk Panitia Lokal Sambut Para Tamu Dari Tanah Batak

Keenam suku itu seperti, suku Batak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Nias dan Mandailing, dan suku-suku ini akan akomodiri panitia

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PERSIAPAN PENYAMBUTAN - Panitia KMAN O Tano Batak Jayapura, yang dibentuk oleh KMB Kabupaten Jayapura untuk menyukseskan pelaksanaan KMAN pada 24-29 Oktober 2022 mendatang, Selasa (12/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Guna menyukseskan pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI pada 24-29 Oktober 2022 mendatang, Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura membentuk panitia lokal untuk menyambut para tamu dari Tanah Batak, Provinsi Sumatra Utara yang hadir mengikuti kongres nanti.

Panitia KMAN Ke-VI Perlu Anggaran Rp 30 Miliar, Timothius: Kami Mencermati di APBD Perubahan

Panitia tersebut diberi nama Panitia KMAN O Tano Batak Jayapura. Kepada Tribun-Papua.com, Ketua KMB Kabupaten Jayapura, yang juga sebagai Ketua Panitia KMAN O Tano Batak Jayapura, Sihar L Tobing menjelaskan, kepanitiaan ini dibentuk untuk mengakomodir setiap sub etnis dari Tanah Batak yang hadir dalam KMAN ke VI di Kabupaten Jayapura.

"Jadi ketika masyarakat adat Batak Toba di sini (Kabupaten Jayapura), kami sudah siap untuk membantu Pemerintah Kabupaten Jayapura, khususnya Bapak Bupati Mathius Awoitauw untuk menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan, transportasi kepada saudara-saudara kami," jelas Sihar.

Karena menurut Sihar, dalam pelaksanaan KMAN ke VI nanti akan terjadinya penyebaran tamu di wilayah Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Tidak Hanya Rumah Adat, Panitia Bakal Siapkan Hotel Untuk Delegasi KMAN ke-VI

Sebab menurut Sihar, masyarakat adat yang nantinya hadir dariTtanah Batak untuk mengikuti KMAN ke VI ini sebanyak enam suku.

"Keenam suku itu seperti, suku Batak Toba, Karo, Simalungun, Pakpak, Nias dan Mandailing, dan suku-suku ini akan akomodiri oleh kepanitiaan tersebut," jelasnya.

Selain itu, seusai pelaksanaan KMAN ke IV nanti, menurut Sihar, pihaknya juga akan membuat acara syukuran dengan para tamu dari tanah Batak.

Pelaksanaan KMAN ke-VI di Kabupaten Jayapura Dipastikan Berlangsung Aman

"Jadi kami juga nanti akan melakukan syukuran sebelum melepas mereka kembali ke Kampung halaman, dan acara itu kami akan melakukan tersendiri," ujarnya.

Tidak hanya itu, terkait dengan kepanitiaan tersebut, Sihar mengatakan, pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Panitia Lokal KMAN ke VI di Kabupaten Jayapura untuk bersama-sama menyukseskan kegiatan KMAN.

Sebagai Ketua KMB Kabupaten Jayapura dan juga Ketua Panitia KMAN O Tano Batak Jayapura, Sihar menambahkan, kepada para tamu dari tanah Batak yang nantinya akan hadiri pergelaran KMAN ke VI di Kabupaten Jayapura agar jangan kuatir untuk datang ke bumi kenambai-umbai.

Pemkab Jayapura Siapkan 3 Kapal untuk Tour Wisata Danau Sentani Selama KMAN

Selain itu, untuk menyukseskan penyelenggaraan KMAN ke VI di Kabupaten Jayapura, Sihar juga meminta kepada seluruh masyarakat Batak yang ada di Provinsi Papua, dan khususnya di Wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura, serta Keerom, untuk bersama-sama terus berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan KMAN ke IV di Bumi Kenambai-Umbai pada 24-29 Oktober 2022 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved