Pemkot Jayapura

Peduli Gizi dan Cegah Stunting, Dinas Perikanan Kota Jayapura Gencarkan Program Gemarikan

Gemarikan adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat, untuk mengkonsumsi Ikan secara teratur

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
JAYAPURA TERKINI - Aktivitas para pedagang di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Hamadi Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Peduli terhadap pemenuhan gizi dan mencegah stunting terhadap anak, Dinas Perikanan Kota Jayapura menggencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Penjabat Wali Kota Jayapura Terima Penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari KLHK

Secara khusus kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Rabu (20/7/2022), Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura, Matheys Sibi, SST Pi MSi mengatakan pihaknya, telah memprogramkan Gemarikan dalam rencana kerja tahunan.

"Gemarikan adalah gerakan moral yang memotivasi masyarakat, untuk mengkonsumsi Ikan secara teratur, dalam jumlah yang disyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia Indonesia yang sehat, kuat dan cerdas," jelasnya

Selain diajak untuk peduli akan kebutuhan gizi anak, melalui Gemarikan, Matheys mengharapkan dapat pula mencegah stunting yang saat ini menjadi pembicaraan masyarakat.

Dorong Produktivitas Nelayan Lokal, Dinas Perikanan Kota Jayapura Lakukan Ini

"Kegiatan yang dilakukan Dinas Perikanan adalah mengolah makanan berbahan dasar Ikan menjadi berbagai macam inovasi menu dan diberikan secara gratis," tutur Matheys.

Makanan hasil olahan Ikan Segar itu diberikan kepada anak pada sekolah-sekolah di wilayah Kota Jayapura yang dipilih berdasarkan data stunting yang tinggi dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura.

"Selain pemberian makanan tambahan kepada anak, pemberian makanan tambahan juga diberikan kepada bumil (ibu hamil) pada Posyandu yang sebelumnya dilakukan survey oleh Dinas Perikanan," bebernya.

Dinas Perikanan Berikan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar dan Air Payau

Selain pemberian makanan tambahan, Dinas Perikanan Kota Jayapura juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya Gemarikan.

"Edukasi dilakukan pada Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah pesisir Kota Jayapura dan sekolah-sekolah dasar yang menurut data Dinas Kesehatan masih terdapat stunting," ucapnya.

Sementara itu, untuk sosialisasi dilakukan dalam bentuk iklan lewat radio, pemasangan papan bicara, pamvlet, brosur dan buku tulis dengan corak Gemarikan.

Program Unggulan Dinas Perikanan Jangkau 2.139 Nelayan di Kota Jayapura

Kegiatan ini intens tiap tahun dilakukan, disesuaikan dengan ketersediaan dana dari Pemerintah Kota Jayapura yang dialokasikan.

Sebagai rekomendasi, Matheys menegaskan upaya meningkatkan gizi masyarakat serta minat untuk mengkonsumsi Ikan perlu terus ditingkatkan.

Sebab, Ikan diharapkan menjadi salah satu sumber protein utama dalam pola konsumsi dan diharapkan menjadi budaya masyarakat Indonesia. 

Ribuan Ikan Mati di Sungai Rufei, Dinas Perikanan Kota Sorong Ungkap Kemungkinan Penyebabnya

Pelaksanaan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) tidak hanya merupakan tugas Dinas Perikanan, namun juga tugas bersama antar instansi terkait.

Sebab dengan meningkatnya tingkat konsumsi Ikan masyarakat, akan turut mendukung Pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang berkualitas. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved