Kemenkumham Papua

Jamin Hak dan Perlindungan Anak, Kemenkumham Papua Kerja Sama Pemkot Jayapura Dan Polresta

Perkara pidana anak di Jayapura mulai meningkat. Berdasarkan data jumlah anak yang berhadapan dengan hukum mencapai 90 anak

ISTIMEWA
KERJA SAMA - Balai Pemasyarakatan Kelas II Jayapura melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dinas Sosial serta Polresta Jayapura Kota Jayapura yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda Kota Jayapura, Senin (25/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Balai Pemasyarakatan Kelas II Jayapura melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dinas Sosial serta Polresta Jayapura Kota Jayapura yang dilaksanakan di ruang rapat Sekda Kota Jayapura, Senin (25/7/2022). 

Hadir dalam penandatangan tersebut, Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M Ayorbaba yang diwakili Kadiv Pemasyarakatan, Endang L Hardiman, Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Kepas Awi dan Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi

Kanwil Kemenkumham Papua hadir Virtual Semarak Peringatan Ke-77 Hari Dharma Karya Dhika

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi mengatakan, penandatanganan perjanjian kerja sama penanganan ABH untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak di wilayah Kota Jayapura dengan Dinas Sosial Kota Jayapura dan Polresta Jayapura Kota maupun Kanwil Kemenkumham Papua.

"Penanganan perkara pidana anak di Jayapura mulai meningkat. Berdasarkan data jumlah anak yang berhadapan dengan hukum mencapai 90 anak,” kata Irawadi kepada Tribun-Papua.com, Selasa (26/7/2022). 

Melalui kerja sama ini, mudah-mudahan nantinya dapat membatu anak di Kota Jayapura yang berhadapan dengan hukum.

Tindak Lanjuti Surat Edaran Jenis dan Tarif PNBP, Kanwil Kemenkumham Papua Gelar Sosialisasi Virtual

Kakanwil Kemenkumham Papua yang diwakili Kadiv PAS, Endang L Hardiman mengapresiasi program kerja dari pemerintah kota jayapura dalam hal dinas sosial yang mana telah bekerja sama dengan polres dan Bapas untuk menangani anak  yang berhadapan dengan hukum. 

"Perkara pidana terhadap anak tentunya berbeda dengan penanganan perkara terhadap usia dewasa, penanganan terhadap anak bersifat khusus karena itu diatur dalam peraturan tersendiri,” terangnya.

Sistem peradilan pidana anak adalah keseluruhan proses penyelesaian perkara anak yang berhadapan hukum mulai tahap penyidikan sampai dengan tahap pembimbingan setelah menjalani proses pidana.

Menuju WBK dan WBBM, Kanwil Kemenkumham Papua Gelar Apel Pagi Berakhlak di Jayapura

Itu semua berdasarkan perlindungan, keadilan, non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, penghargaan terhadap anak, kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak, proporsional, perampasan kemerdekaan dan pemidanaan sebagai upaya terakhir dan penghindaran balasan.

"Perlu sinergi antara kepolisian, pembimbing kemasyarakatan dan pekerja sosial dalam melakukan pendampingan dan melakukan assesmen terhadap ABH,” tegasnya.

Endang berharap Pemkot Jayapura dalam hal ini Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan kebudayan serta dinas dukcapil untuk dapat membantu dan memberikan seport bagi anak anak binaan pada Lembaga Pembinaan Keerom dengan bisa berikan Meraka sarana pendidikan sehingga anak anak ini dapat di bina dengan baik.

Fasilitasi Bantuan Hukum untuk Masyarakat, Kemenkumham Papua Gelar Diskusi Opini

Penandatanganan kerja sama ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan menjadi dorongan untuk mewujudkan dibangunya Balai Rehabilitasi Sosial yang bertaraf nasional untuk menangani permasalahan pada wilayah Timur Indonesia

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Kepas Awi menyampaikan upaya pemberdayaan dan perlindungan terhadap anak bukan hanya sekedar isu daerah saja melainkan sudah menjadi perhatian serius nasional berbagai daerah di Indonesia melakukan jump ball sejumlah interview melalui strategi dan pendekatan yang beragam untuk menanggulangi yang menimpa anak yang memerlukan perlindungan hukum. (**)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved