Papua Terkini

Dinas Pertanian Kerahkan Pegawai Pantau Harga Cabai dan Bawang Merah di Papua

Memang saat ini harga cabai dan bawang merah mulai naik. Makanya kami terus memantau supaya dapat menjaga stok dan harga

Tribun-Papua
FOKUS CABAI - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa menyatakan sedang fokus menjaga stabilitas harga cabai dan bawang merah di Tanah Papua, mengingat dua komoditas ini harganya mulai naik. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua, Samuel Siriwa sedang fokus menjaga stabilitas harga cabai dan bawang merah di Bumi Cenderawasih.

Meski harga cabai dan bawang merah di Papua belum ada kenaikan yang signifikan, namun pihaknya melakukan berbagai antisipasi, satu di antaranya mengerahkan staf untuk melakukan pemantauan di pasar-pasar.

Dinas Pertanian Pastikan Kondisi Pangan di Papua Aman, Warga Tak Perlu Khawatir

“Memang saat ini harga cabai dan bawang merah mulai naik. Makanya kami terus memantau supaya dapat menjaga stok dan harga, biar inflasi di Papua tidak terlalu naik," kata Semuel kepada awak media, Rabu (3/8/2022) di Jayapura.

Sementara itu dengan menjaga stabilitas harga dua bahan pokok tersebut, dia berharap menjelang hari raya keagamaan pada Desember 2022 mendatang, stok komoditasnya tetap terjangkau dan barangnya tersedia.

Produksi Pangan Lokal Papua Diklaim Meningkat Selama Kepemimpinan Lukas Enembe

Ditanya apakah kondisi tersebut akibat musim kemarau, menurut Semuel hingga kini hasil produksi bahan pokok di Bumi Cenderawasih sama sekali tak terganggu.

Menurut Semuel, Provinsi Papua memiliki musim yang tidak biasa. Bahkan meski sedang musim kemarau, di beberapa wilayah masih mengalami hujan dengan intensitas cukup tinggi.

"Papua itu berbeda dengan daerah yang mengalami musim kemarau seperti di wilayah pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB)," paparnya.

Bentuk Satgas Pangan, Sekda Ridwan: Segera Bergerak Kendalikan Harga di Papua

Misalnya di wilayah pegunungan masuk musim hujan, sehingga sayur-sayuran tetap berproduksi dengan baik.

Kemudian di wilayah pesisir seperti Merauke, sebelumnya para petani telah melakukan panen.

“Memang ada beberapa wilayan di Lanny Jaya mengalami ancaman embun beku. Tapi itu sekali lagi bukan kemarau," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved