Pemilu 2024

Masih Ingat Sandiaga Uno? Dari Lawan Jadi Kawan, hingga Digeser Jokowi Jadi Capres 2024

Sandiaga Uno berangkat dari seorang lawan politik jadi kawan politik Joko Widodo, hingga digeser jadi capres pada Pilpres 2024.

Instagram @sandiuno
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Diketahui, Sandiaga Uno berangkat dari seorang lawan politik jadi kawan politik Joko Widodo, hingga digeser jadi capres pada Pilpres 2024. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Jelang Pilpres 2024, banyak figur politik yang kerap dikaitkan sebagai calon presiden (capres).

Satu nama terselip di antaranya Sandiaga Uno.

Lantas masih ingat Sandiaga Uno?

Sandiaga Uno merupakan politisi Partai Gerindra yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Namun, sebelum ditunjuk jadi menteri, Sandiaga dan Jokowi merupakan lawan politik.

Tepatnya, keduanya bertarung di Pilpres 2019.

Baca juga: Diduetkan dengan Sandiaga Uno atau Erick Thohir, Eks Ketua Umum Kagama Mantap Lengserkan Jokowi

Berangkat dari jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno merupakan calon wakil presiden (cawapres) dari capres Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra.

Sedangkan Jokowi diusung PDI Perjuangan (PDIP) jadi capres dengan menggandeng Ma’ruf Amin sebagai cawapres.

Hasilnya, pilpres yang berlangsung pada 17 April 2019 ini dimenangkan oleh pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin dengan perolehan suara sebanyak 55,50 persen, sedangakan Prawobo Subianto dan Sandiaga Uno hanya meraih 44,50 persen.

Usai Pilpres 2019, siapa sangka Prabowo Subianto dan Partai Gerindra bergabung dengan koalisi partai pemerintah yang diisi PDIP, Partai NasDem, Partai Golkar, dan partai politik lainnya.

Baca juga: Ditanya soal Peluang Maju Capres 2024, Sandiaga Uno Singgung Pesan dari Jokowi

Adapun Prabowo Subianto ditunjuk menjabat Menteri Pertahanan (Menhan).

Lalu, giliran Sandiaga Uno ikut bergabung di kabinet Presiden Jokowi dengan mengemban jabatan Menparekraf, gantikan sosok Wishnutama.

“Saat ini beliau kita akan berikan tanggung jawab untuk memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," jelas Jokowi menyambut Sandiaga Uno, pada reshuffle kabinet pada 2020 lalu.

Endorsement Jokowi bagi Sandiaga Uno

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved