Semarak HUT Ke 77 RI di Papua

Papua Final dalam Bingkai NKRI, Ini 5 Pernyataan Barisan Merah Putih Sambut HUT Kemerdekaan RI

Papua sudah final terintegrasi dengan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI). Masyarakat jangan terpengaruh kelompok pemecah persatuan.

Tribun-Papua.com/Istimewa
JAGA PERSATUAN - Barisan Merah Putih mengimbau masyarakat Papua untuk tidak terpengaruh oleh kelompok yang sengaja mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, seiring HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Papua disebut sudah final dalam bingkai NKRI sejak Pepera 1969. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sekjen Barisan Merah Putih, Ali Kabiay mengimbau masyarakat Papua untuk tidak terpengaruh oleh kelompok yang sengaja mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa, seiring HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebab, Papua sudah final terintegrasi dengan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Kabiay mengatakan, Papua tidak dapat dipisahkan lagi sesuai dengan hasil penentuan pendapat rakyat (Pepera) tahun 1969.

Hal ini disampaikan dalam diskusi bersama pemuda Papua yang tergabung dalam komunitas Barisan Merah Putih Kota Jayapura.

Baca juga: Masyarakat Papua Diminta Sukseskan HUT Kemerdekaan RI, Tokoh Adat: Jangan Mau Terprovokasi

"Papua sah bagian dari wilayah NKRI, untuk itu marilah kita isi kemerdekaan republik Indonesia dengan semangat jiwa nasionalisme. Jangan terpengaruh kelompok pengganggu persatuan dan kesatuan bangsa," ujarnya dalam keterangan tertulis diterima Tribun-Papua.com, Jumat (12/8/2022).

"Sebagai orang Papua kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia, karena Indonesia adalah bangsa yang besar yang dibangun dengan kebhinekaan," sambungnya.

Ia mengajak semua insan untuk tidak terpecah belah karena keberagaman. 

Sebaliknya, Kabiay menyerukan masyarakat Papua untuk menghilangkan pemahaman atau ideologi yang berseberangan dengan Pancasila.

“Sejarah kemerdekaan bermula dari Sumpah Pemuda. Pancasila dapat mengikat dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia, berbagai bahasa, suku, budaya di Indonesia,” katanya.

Kabiay mencontohkan kemajuan pemikiran anak-anak muda Papua yang berada di luar negeri.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved