Kongres Masyarakat Adat

Ini Hasil Kunjungan Panitia Lokal KMAN VI di Kampung Babrongko

Panitia lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI lakukan kunjungan di Kampung Babrongko di Distrik Ebungfauw.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Panitia lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI lakukan kunjungan di Kampung Babrongko di Distrik Ebungfauw. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Panitia lokal Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI lakukan kunjungan di Kampung Babrongko di Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk menginformasikan pada Kepala Pemerintah Kampung, Ondofolo, dan masyarakat terkait pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat di Kabupaten Jayapura pada 24-30 Oktober mendatang.

Ketua Panitia Lokal, Timothius J Demetouw sekaligus Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura menjelaskan kongres yang akan di pusatkan di Stadion Barnabas Youwe (SBY) itu telah dipersiapkan di kampung lainnya di Distrik Sentani dan Sentani Timur.

Baca juga: MRP: Polisi Hentikan Jual Beli Miras di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura Jelang KMAN

Masyarakat adat yang datang di Kampung Babrongko akan menginap di rumah warga, namun akan dilakukan pengecakan kembali untuk melihat standar yang telah ditetapkan oleh panitia.

"Mereka datang 21 Oktober, langsung ke SBY lakukan registrasi, nanti ada panitia dadi kampung untuk membawa tamu ke kampung," ujarnya di Obhe Rara, Kampung Babrongko, Distrik Ebungfauw, Jumat (12/8/2022).

 

 

Kepala Kampung Babrongko, Orgenes Wally mengatakan hasil pertemuan tersebut mendapat respon baik dari masyarakat sehingga menyambut baik kongres masyarakat adat.

Orgenes mengatakan ada 14 rumah yang akan disiapkan untuk inap tamu kongres nanti.

"Kami akan informasikan lagi kepada masyarakat, jika mereka bersedia akan didaftar,"ujarnya.

Di Kampung Babrongko ada sembilan motor tempel yang dapat dipakai untuk transpoftasi. Sementara untuk sanitasi dan air bersih tidak berjalan dengan lancar sehingga harus ditangani oleh panitia.

Lanjut Orgenes, sebagai salah satu tempat sarasehan untuk fasilitas kesehatan ada Posyandu Babrongko.

Menanggapi kedatangan panitia lokal, Ondofolo Kampung Babrongko, Albert Wally mengatakan mendukung ivent nasional tersebut siap menerima tamu yang datang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved