Pemprov Papua

Upacara HUT ke 77 RI, Momentum Bersatu Untuk Pembangunan Papua

Momentum HUT ke 77 RI, negara jadi kuat kala seluruh masyarakat bersatu dan konteks perbedaan di Indonesia merupakan kodrat yang tidak bisa dihindari.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
Asisten II bidang pembangunan dan Kesra Provinsi Papua, Muhammad Musa'ad, (tengah) saat diwawancarai awak media, Rabu (13/4/2022) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Ketua Panitia HUT ke 77 Republik Indonesia (RI) Provinsi Papua, Muhammad Musaad mengatakan upacara peringatan Kemerdekaan RI tahun 2022 sebagai momentum untuk bersatu, agar situasi di Papua semakin aman karena merupakan instrumen yang penting untuk pembangunan.

"Ini harus jadi momentum pembangunan di Papua, kita harus bangkit dari predikat yang kurang baik, seperti kemiskinan yang tinggi dan menatap masa depan yang lebih baik," katanya saat diwawancara awak media pasca upacara HUT ke 77 tingkat Provinsi Papua, di depan Venue Aquatik, Senin, (17/8/2022).

Lanjut Musaad, dalam HUT ke 77 RI ini, diharapkan pada usia 100 tahun visi dan misi Indonesia, akan mampu berindikasi terhadap pembangunan Papua.

"Kita sudah 77 tahun merdeka, mudah-mudahan pada usia 100 tahun visi dan misi Indonesia nanti, akan berindikasi terhadap pembangunan Papua sebagai bagian integral dari negara kesatuan republik indonesia," katanya.

Musaad menambahkan, dalam momentum HUT ke 77 RI, suatu negara kuat itu kalau seluruh masyarakatnya bersatu dan konteks perbedaan di Indonesia merupakan kodrat yang tidak bisa dhindari.

"Perbedaan dalam kebhinekaan seharusnya menjadi kekuatan, mozaik, dan harmoni yang baik untuk kita bersama dalam pembangunan indonesia. Sudah terbukti melalui anak bangsa Indonesia asal Papua, yang berperan di tingkat nasional, bahkan menjadi menteri, wakil menteri, dan anak-anak Papua yang menjadi pemimpim bagi daerahnya," katanya.

Musaad mengingatkan, agar memakai momentum ini untuk dengan merapatkan barisan dan satukan tekad, agar maju bersama dengan seluruh masyarakat di daerah lain di Provinsi Papua dan Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Upacara 17 Agustus di Kabupaten Mimika Berlangsung Meriah

Baca juga: Begini Pesan Bupati Piter Gusbager di Kepada Masyarakat Keerom Momen HUT Ke-77 RI

Baca juga: Giri Wijayantoro Abadikan Momen Terkahir Jadi Inspektur Upacara HUT RI di Kabupaten Jayapura

Upacara HUT ke  77 RI yang dilaksanakan  di depan Venue Aquatik, Kampung Harapan dengan tujuan menunjukkan kepada publik bahwa Papua memiliki banyak fasilitas dan prasarana yang bagus, yang bisa kita digunakan.

"Kita tidak perlu susah susah lagi seperti dulu, mencari tempat upacara yang luas atau dulu sering diadakan selalu di Stadion Mandala," Katanya.

Konsultan Papua New Guinea turut hadir dalam upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Provinsi Papua sebagai wujud mempererat hubungan internasional, Indonesia dan PNG. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved