Penghijauan di Bukit Yotoro

Pemkab Jayapura Ajak Komunitas dan Pegiat Lingkungan Tanam 1000 Pohon Kelor di Bukit Yotoro

Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan menanam pada 2021 lalu, melakukan penanaman pohon di Bukit Yotoro

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PENGHIJAUAN - Salah satu Mahasiswa Pencinta Alam yang sedang menanam Pohon Kelor di Bukit Yotoro, Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Minggu (28/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI – Kepedulian terhadap lingkungan terus dilakukan Pemkab Jayapura bersama Komunitas Menoken, dan pegiat lingkungan untuk melakukan penanaman 1.000  pohon di Bukit Yotoro, Kampung Kwadeware, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Minggu (28/8/2022).

Duta Pariwisata Enggo Yauw Tanam Pohon dan Kenalkan Wisata di Bukit Yotoro Jayapura

Selain itu, turut ambil bagian dalam kegiatan itu, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) dari Universitas Cendrawasih, Univerisitas Sains dan Teknologi, dan pemuda dari Kampung Kwadeware.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri mengatakan, program melestarikan lingkungan yang berkelanjutan guna memberikan pembinaan pendidikan pembangunan di sektor lingkungan.

"Kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan menanam pada 2021 lalu, melakukan penanaman pohon di Bukit Yotoro," ujarnya kepada Tribun-Papua.com, Minggu (28/8/2022).

DLH Kabupaten Jayapura Kerahkan 75 Petugas Kebersihan Bereskan Sampah di Stadion Barnabas Youwe

Lebih lanjut dia mengatakan, Bukit Yotoro dipilih karena daerah setempat kritis dan kering namun mempunyai potensi wisata yang baik kedepannya.

Dengan begitu agar memberikan dampak baik dalam wujudkan suatu pembangunan atau ekosistem yang baru dengan menanam pohon akan mencegah erosi dan peningkatan kualitas air.

Abdul Rahman Basri menjelaskan, misi pelestarian lingkungan berkelanjutan merupakan bagian dari program pemerintah daerah berkaitan dengan tata ruang wilayah, pembinaan, hutan produksi, dan konservasi yang dapat dilindungi bersama.

DLH Kabupaten Jayapura Fokus Tingkatkan Tugas dan Fungsi Kebersihan Lingkungan

Masih menurut Abdul Rahman Basri, penanaman 1.000 pohon dengan jenis Pohon Kelor agar pemanfaatannya untuk mendorong ekonomi masyarakat.

Keterlibatan masyarakat agar bersinergi dengan pemerintah Kabupaten Jayapura dari distrik dan kampung dalam rangka melaksanakan program lingkungan guna memberikan inovasi dan motivasi dalam rangka pembangunan.

Peringatan Hari Bakti Rimbawan Ke-39, P3E Papua Gelar Penanaman Pohon di Kabupaten Biak Papua

Program penanaman dilakukan berkelanjutan di kawasan tersebut bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup, pihaknya terus melakukan penghijauan, reboisasi, juga dampak limbah dan sampah.

Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran pada kelompok masyarakat untuk menjaga lingkungan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved