Pemprov Papua

BPS Papua Catat Dua Kota IHK di Papua Alami Deflasi

BPS Papua mencatat sebanyak dua dari tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Bumi Cenderawasih pada Agustus 2022.

Tribun-Papua.com/Hendrik Rewapatara
TANGKAPAN LAYAR - Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina beberkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mencatat sebanyak dua dari tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Bumi Cenderawasih pada Agustus 2022 mengalami deflasi atau penurunan harga barang dan jasa secara umum. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua mencatat sebanyak dua dari tiga kota Indeks Harga Konsumen (IHK) di Bumi Cenderawasih pada Agustus 2022 mengalami deflasi atau penurunan harga barang dan jasa secara umum.

Hal itu disampaikan, Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina saat dikonfirmasi Tribun-Papua.com, Jumat (2/8/2022) di Jayapura.

Adriana mengatakan, deflasi terjadi di Kabupaten Merauke dan Kota Jayapura, masing-masing sebesar 0,85 persen dan 0,27 persen. Sementara inflasi terjadi di Timika sebesar 0,48 persen.

Baca juga: Sosialisasikan Sensus Lanjutan 2020, BPS Papua Harap Masyarakat Beri Data Akurat

“Sehingga tingkat deflasi gabungan tiga kota IHK di Bumi Cenderawasih terdapat sebesar 0,18 persen pada Agustus 2022,” ujarnya.

Dijelaskan, deflasi di dua kota IHK terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh turunnya indeks kelompok pengeluaran.

 

 

"Seperti kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,11 persen kemudian kelompok transportasi sebesar 2,52 persen dan kelompok rekreasi, olahraga dan budaya sebesar 0,03 persen, " jelasnya.

Baca juga: Program Pembinaan, BPS Papua Sasar 21 Daerah Jadi Desa Cinta Statistik

Menurut Adriana, untuk tingkat inflasi tahun kalender (Januari-Agustus) 2022, sebesar 4,42 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (Agustus 2022 terhadap Agustus 2021) sebesar 6,50 persen.

“Sehingga pada Agustus 2022 bahan makanan mengalami deflasi sebesar 0,12 persen kemudian tingkat inflasi bahan makanan tahun kalender (Januari-Agustus) 2022 sebesar 6,98 persen dan tingkat inflasi bahan makanan tahun ke tahun (Agustus 2022 terhadap Agustus 2021) sebesar 9,97 persen, " tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved