Bupati Mimika Ditangkap KPK

Kapolda Papua Perintahkan Pengamanan Ekstra Pasca-penangkapan Bupati Mimika Eltinus Omaleng

Irjen Mathius D Fakhiri, telah memerintahkan Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, untuk menyiapkan pengamanan ekstra pasca penangkapan Eltinus Omaleng.

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, saat dimintai keterangan terkait pengamanan pasca penangkapan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Jayapura, Rabu (7/9/2022). 

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, telah memerintahkan Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra, untuk menyiapkan pengamanan ekstra pasca penangkapan Bupati Eltinus Omaleng.

Pasalnya, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, khawatir atas penangkapan ini membuat situasi dan kondisi di Kabupaten Mimika menjadi tidak kondusif.

“Kami melihat situasi wilayah Papua yang kondusif ini nanti juga kami berusaha mengatur supaya tidak ada dampak lain karena proses penegakan hukum ini,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Bupati Mimika Eltinus Omaleng Dijemput Paksa, KPK: Betul!

Maka dari itu, Jenderal bintang dua tersebut juga meminta kepada Kapolres Mimika untuk menjalin komunikasi bersama tokoh-tokoh terkait.

“Kami sudah memerintahkan ke Kapolres Mimika untuk membangun komunikasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Mimika,” imbuhnya.

 

 

Selain itu, Kapolda Papua juga berharap kepada masyarakat untuk tetap tenang serta menghormati proses penegakan hukum yang sedang dilakukan oleh KPK terhadap Bupati Mimika.

“Ini proses hukum, kita harus menghargai dan dengan masyarakat bisa melihat dari sisi itu kami berharap tidak ada perkembangan lain terkait dengan situasi di Mimika,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di sebuah hotel berbintang di Kota Jayapura, Papua, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: FLASHBACK: Sempat Ajukan Praperadilan, Kini Bupati Mimika Ditangkap KPK di Jayapura

Eltinus Omaleng dicokok lembaga antirasuah atas kasus korupsi pembangunan Gereja Kingmi Mile 32, Kabupaten Mimika.

Sebelumnya, orang nomor satu di Kabupaten Mimika itu telah melayangkan gugatan praperadilan terkait statusnya sebagai tersangka

Namun, sayangnya, gugatan Eltinus Omaleng tersebut ditolak oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved