Pemkab Jayapura

Pemkab Jayapura Dukung Raker I DAS Demoutru, Ini Harapan Mathius Awoitauw

Mathius bahkan sangat mengapresiasi DAS Kampung Demoutru yang telah merancang semua kegiatan itu.

Tribun-Papua.com/ Calvin
Bupati Mathius Awoitauw berharap pelaksanaan Raker I DAS Kampung Demoutru, Genyem, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua menjadi dasar untuk perjalanan dan arah lembah Grime ke depannya. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pemkab Jayapura mendukung Rapat kerja (Raker) I Dewan Adat Suku (DAS) Demoutru, di Kampung Berap, Genyem, Jumat (24/9/2022).

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan apa yang dibicarakan dalam raker itu merupakan hal-hal mendasar.

Mathius bahkan sangat mengapresiasi DAS Kampung Demoutru yang telah merancang semua kegiatan itu.

"Rapat ini harus menjadi dasar untuk perjalanan dan arah lembah Grime kedepannya, karena mandat Tuhan ada disitu," kata Bupati Mathius Awoitauw.

Dia mengatakan, siapapun yang nantinya terpilih sebagai pemimpin dalam Raker Tersebut, harus terus bersyukur kepada Tuhan, karena itu adalah amanat yang harus dijalankan.

Selain itu, menurutnya, dengan raker tersebut harus dapat merumuskan bahwa kekuatan organisasi masyarakat adat tidak kalah dengan yang lainnya.

"Artinya, dengan hasil yang nantinya ada, dapat menunjukan bahwa masyarakat adat mampu untuk menciptakan kesejahteraan melalui struktur yang ada," ujarnya.

Selain itu, Bupati Mathius Awoitauw juga meminta agar semua kegiatan yang berlangsung s.aat ini perlu dicatat, dan didokumentasikan.

Baca juga: Trip Menuju Pulau Tiga Di Bonggo Kabupaten Sarmi, yang Punya Pantai Pasir Putih Eksotis

Sebab menurutnya kedepan tidak terjadi kehilangan atas dokumen adat yang ada saat ini,

"Hal itu perlu dilakukan karena saat ini kampung-kampung adat di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, kita sudah mulai dorong," jelasnya.

Tidak hanya itu, dia juga meminta agar setiap batas wilayah adat yang ada perlu didokumentasikan, agar kedepan tidak terjadi konflik.

"Kalau hal ini sudah lakukan, maka secara tidak langsung kita sudah mewariskan wilayah adat yang ada untuk anak cucu kita nanti," pungkasnya.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved