Sempat Bersaing di Pilkada Jakarta, AHY Sebut Makin Dekat dengan Anies: Kami Semangat Bawa Perubahan

AHY mengatakan persahabatannya dengan Anies Baswedan ta pernah retak meski keduanya pernah bersaing di Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu.

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya tiba di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, dan disambut Ketum Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Jumat (7/10/2022) - AHY mengatakan persahabatannya dengan Anies Baswedan ta pernah retak meski keduanya pernah bersaing di Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato setelah melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan di kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Dalam pidatonya, AHY mengatakan persahabatannya dengan Anies Baswedan ta pernah retak meski keduanya pernah bersaing di Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu.

AHY bahkan mengatakan bahwa setelah Pilkada DKI Jakarta berakhir, ia dan Anies Baswedan semakin dekat.

Baca juga: Sebut Pertemuan dengan AHY Jadi Penanda Siap Jalan Bersama ke Depan, Anies: Terbangun Kepercayaan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) siang.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022) siang. (Tangkap layar YouTube/KOMPASTV)

Diketahui, dalam pilkada tersebut, AHY berpasangan dengan Sylviana Murni, sedangkan Anies berduet dengan Sandiaga Uno.

Pasangan AHY-Sylviana kalah dalam putaran pertama.

Sedangkan Anies menang dalam putaran kedua melawan pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat.

"Tapi saya mengatakan itulah indahnya, persahabatan kami tidak retak sedikitpun akibat sebuah kompetisi bahkan sebaliknya, setelah pilgub berakhir kami semakin dekat dalam membangun visi misi bangsa ke depan," kata AHY.

Baca juga: Kader Demokrat: Yo Ayo Anies-AHY, Ku Yakin Kita Pasti Menang!

AHY juga mengenang masa-masa pertemuannya saat dia dan Anies belum menjadi politikus.

Yaitu ketika AHY masih menjadi perwira TNI dan Anies masih menjadi seorang akademisi.

"Kami juga sering bertatap muka dalam berbagai kesempatan, memang semua tidak diketahui publik tapi dalam berbagai pertemuan tersebut kami membangun semangat yang kuat untuk sama-sama membawa perubahan dan perbaikan bagi republik ini," ujar AHY.

Menurut AHY, kedatangan Anies ke kantor DPP Partai Demokrat diharapkan semakin mendekatkan keduanya sekaligus partai.

"Beliau sendiri salah satu peserta konvensi Partai Demokrat 2013-2014 lalu. Jadi kebersamaan ini kita jalin sudah cukup lama," ucap AHY.

Baca juga: DPD Demokrat Papua: Pertemuan Anies dan AHY Pertanda Sangat Baik

Menurut AHY, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Anies.

Dia mengatakan, masyarakat Indonesia berharap keadaan harus lebih baik, terutama dalam hal ekonomi dan kesejahteraan rakyat, kemiskinan, pengangguran dan ketimpangan, termasuk isu demokrasi dan kebebasan sipil, serta penegakan hukum dan keadilan.

Sebelumnya, Partai Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden (capres) yang akan mereka usung pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Usai pertemuan dengan AHY, Anies juga menyinggung soal peluang untuk bekerja sama dengan Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilpres 2024.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dulu Bersaing dengan Anies Baswedan di Pilkada DKI, AHY: Persahabatan Kami Tidak Retak

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved