Kongres Masyarakat Adat

Mathius Awoitauw Sebut Bhineka Tunggal Ika Nyata Ada di KMAN VI Papua

Seluruh komunitas Masyarakat Adat di Indonesia dapat melihat secara langsung keberagaman adat dan istiadat yang tersaji di Bumi Cenderawasih.

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Calvin Erari
Ketua Panitia KMAN VI, Mathius Awoitauw. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Ketua Panitia KMAN VI, Mathius Awoitauw mengatakan, Bhineka Tunggal Ika terlihat nyata dalam Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI di Tanah Tabi, Kabupaten Jayapura, Papua.

Dikatakannya, dalam suasana saat ini, seluruh komunitas Masyarakat Adat di Indonesia dapat melihat secara langsung keberagaman adat dan istiadat yang tersaji di Bumi Cenderawasih.

Baca juga: Opening Ceremony KMAN VI di Jayapura, dari Defile Kontingen hingga Tari Kolosal 250 Pelajar 

"Kita bangga dengan seluruh Masyarakat Adat di seluruh Nusantara ini, karena mereka adalah pencetus terhadap bangsa dan negara, maka itu mereka bakal memberikan kontribusi besar untuk kejayaan Indonesia," kata Mathius Awoitauw dalam sambutannya saat Pembukaan KMAN VI di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Senin pagi.

Dikatakan, perjuangan seluruh Masyarakat Adat Nusantara untuk hadir di Kabupaten Jayapura sangat luar biasa.

Baca juga: AMAN Sulut Kenakan Pakaian Adat Peninggalan Leluhur, Tampilkan Tari Kawasaran di KMAN VI Papua

"Hanya ada satu kata. Kami masih ada, semangat Masyarakat Adat untuk bersama, berjuang tidak pernah hilang, karena di dalam mereka tidak ada perbedaan, suku, agama, dan ras tetapi semua tetap ada dalam satu perjuangan untuk Indonesia," ujarnya.

Mathius yang juga menjabat sebagai Bupati Jayapura tersebut menyampaikan selamat dan sukses atas pelaksanaan KMAN VI di Kabupaten Jayapura yang berlangsung dari hari ini hingga pada 30 Oktober 2022 mendatang. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved