Pemekaran Papua

Kapolda Papua Bakal Lantik Perwira Penghubung di 3 DOB Papua, Ini Tugas Mereka

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri segera melantik tiga liaison officer (LO) atau naradamping/perwira penghubung yang bertugas di tiga DOB Papua.

Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, saat dimintai keterangan terkait pengamanan pasca penangkapan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Jayapura, Rabu (7/9/2022) - Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri segera melantik tiga liaison officer (LO) atau naradamping/perwira penghubung yang bertugas di tiga DOB Papua yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Tiga liaison officer (LO) atau naradamping/perwira penghubung yang akan bertugas di tiga daerah otonomi baru (DOB) hasil pemekaran Provinsi Papua yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan, akan segera dilantik.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri.

Fakhiri menjelaskan, perwira penghubung memiliki beberapa tugas utama, satu di antaranya adalah memperbaiki data untuk mendapatkan gambaran nyata mengenai wilayah pemekaran.

Baca juga: Tiga Pj Gubernur Resmi Bertugas di DOB Papua, Yan Mandenas: Perhatikan Ekonomi Masyarakat

Peta Pulau Papua
Peta Pulau Papua ((Google Maps))

"Minggu ini saya juga akan menunjuk LO tiga DOB untuk kepanjangan tangan Kapolda di masing-masing wilayah, Mereka akan berkoordinasi, berkolaborasi dengan Penjabat Gubernur, tentu dari sisi keamanan," ujarnya di Jayapura, Kamis (24/11/2022).

"LO ini akan membantu Kapolda melihat bagaimana kondisi sebenarnya, nanti kita akan data ulang dan akan saya sampaikan ke Kapolri," kata dia.

Laporan hasil pekerjaan perwira penghubung akan digunakan untuk perencanaan pembangunan polda baru di tiga provinsi tersebut.

"Pembentukan Polda masih tunggu perintah dari Mabes Polri, tentu perlu pembahasan dengan berbagai persoalan, baik dari sumber daya manusia maupun infrastruktur yang harus kita siapkan dulu," tutur Fakhiri.

Baca juga: DOB di Papua, Personel Polri Ditambah, AKBP Sandi Sultan: Sudah Diajukan Kapolda

Mengenai sosok yang akan ditunjuk menjadi perwira penghubung, Fakhiri akan memilih dari daftar pejabat utama (PJU) Polda Papua.

"Kita akan ambil dari PJU berpangkat Kombes," katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan tiga provinsi baru Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan, pada Jumat (11/11/2022).

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, hari ini, Jumat 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022," ucap Tito di Kantor Kemendagri, Jumat pagi.

(Kompas.com)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kapolda Papua Akan Tunjuk Perwira Penghubung di 3 Provinsi Baru

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved