Nasional

Program Jokowi Bermanfaat bagi Pemerintah Daerah Memajukan UMKM

Presiden RI Joko Widodo menodorong peningkatan ekonomi rakyat melalui sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Tribunnews/Jeprima
Kebijakan dan program kerja Presiden RI Joko Widodo dinilai beramnfaat hingga meningkatkan ekonomi rakyat melalui sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak periode pertama fokus mendorong pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Tak ayal, dalam kaitannya dengan itu, program kerja Jokowi dinilai bermanfaat bagi pemerintah daerah (Pemda) dalam meningkatkan ekonomi rakyat melalui sektor UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Hal ini bahkan telah diakui Pemprov Tanggerang Selatan (Tangsel)

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syanudin mengatakan Jokowi telah sukses merealisasikan kebijakan yang berpihak terhadap keberadaan UMKM.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Serahkan NIB kepada Pelaku UMKM di Kota Jayapura

Ia menuturkan bahwa pegiat UMKM di wilayahnya sangat terbantu dengan hadirnya program-program di era Jokowi.

“Presiden Jokowi sangat berhasil dan kami di Tangerang Selatan khususnya merasakan itu. Ke depannya agar terus diberikan pembinaan terus oleh pemerintah,” ujar Warman kepada wartawan di ITB Ahmad Dahlan, dikutip Jumat (2/12/2022).

Warman menyebutkan bahwa keseriusan Jokowi mendorong UMKM naik kelas ditunjukkan melalui intruksi khusus kepada para menterinya agar menggagas program-program pro UMKM. Hal tersebut juga didukung oleh regulasi serta kebijakan yang telah direalisasikan oleh Presiden RI ke-7 itu.

“Sangat bagus Presiden (Jokowi) dengan regulasi dan kebijakan yang ada terus memberikan kesempatan kepada UMKM dengan menggerakkan daerah-daerah dan hampir semua kementerian untuk mengembangkan produk UKM,” terang Warman.

Lebih lanjut Warman mengatakan bahwa di era Pemerintahan Jokowi, segala aspek yang dapat mendorong UMKM naik kelas telah dilaksanakan. Mulai dari perbantuan modal, pelatihan, hingga disediakannya akses pasar bagi produk-produk milik UMKM.

“Program pemerintah pusat terus dilakukan berbagai kegiatan untuk mendorong peningkatan produk UMKM. Mulai dari packagingnya agar lebih menarik hingga pemasaran di digital,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved