Pemkot Jayapura

Frans Pekey Kukuhkan Bunda PAUD se-Kota Jayapura

Frans mengatakan perlu disadari bersama pendidikan anak usia dini sangatlah penting dalam menumbuhkembangkan anak secara optimal.

Tribun-Papua.com/ Aldi
Foto Bersama Pj Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, bersama Bunda PAUD Kota Jayapura, Maria Yuvita Gobay Pekey, usai pelantikan di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (25/1/2023). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey resmi mengukuhkan Bunda PAUD Kota Jayapura di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Entrop, Rabu (25/1/2023).

"Pendidikan usia dini merupakan upaya pembinaan yang dilakukan sejak lahir hingga 6 tahun melalui rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan kaitannya dengan jasmani dan rohani untuk kesiapan menempuh pendidikan lebih lanjut," jelas Frans Pekey dalam sambutannya.

Untuk itu, Frans mengatakan perlu disadari bersama pendidikan anak usia dini sangatlah penting dalam menumbuhkembangkan anak secara optimal.

"Agar pada saatnya nanti, anak-anak kita memiliki kesiapan mental untuk belajar di gerbang pendidikan yang lebih tinggi," tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Jayapura itu menyebutkan, pada usia dini, otak anak sangatlah berkembang cepat dengan dibarengi rasa ingin tahu yang besar pula.

"Otak anak sangatlah berkembang dan kemampuan menyerap yang tinggi, melalui apa yang dilihat dan didengarnya dari lingkungan sekitar," ujarnya.

Lelaki berkacamata itu menuturkan, masa usia dini inilai sebagai momen golden age atau usia keemasan bagi seorang anak.

"Berkenaan dengan itu, untuk kita semua, baik para orangtua, guru, dan mitra di sekolah maka diharapkan harus berhati-hati dalam perbuatan sebagai contoh yang akan ditiru oleh anak-anak," ujarnya.

Baca juga: Soal Isu Penculikan Anak Lewat Sosmed di Kota Jayapura, Frans Pekey: Orang Tua Perlu Waspada

Melalui intervensi kebijakan PAUD, dengan menggerakkan sumber daya yang ada maka mulai dari tingkat distrik, kampung hingga keluarahan maka harus bersama bersinergi untuk masa depan masyarakat.

"Tugas kita yang utama juga ialah memastikan anak-anak kita sudah terakses dengan lembaga-lembaga PAUD di Kota Jayapura, karena sekali lagi Kota Jayapura adalah barometer pendidikan di Papua," pesannya.

Dirinya berharap melalui pengukuhan Bunda PAUD bukanlah hanya seremonial belaka, tetapi lebih kepada impelementatif, di mana perlu membangun koordinasi, kolaborasi dan sinergi dengan semua lembaga PAUD di Kota Jayapura.

"Baik dari Dinas Pendidikan Kota Jayapura maupun lembaga PAUD di Kota Jayapura yang harus saling berkoordinasi dan tentunya memiliki visi serta misi yang sama untuk memajukan PAUD di Jayapura," harap Frans.

Baca juga: Gedung Baru PAUD Pacema Resmi Dibuka, Martina Eha: Awal Pengembangan SDM Papua

Dengan semua aktif bergerak, ke depannya dunia PAUD di Kota Jayapura akan lebih maju dan berkembang karena diperhatikan lebih serius.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved