Kaesang Tertarik Terjun ke Dunia Politik, PKS Singgung soal Privilege Anak Presiden

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menanggapi ketertarikan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep yang berminat terjun ke dunia politik.

Instagram @kaesangp
Kaesang Pangarep dan Jokowi - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menanggapi ketertarikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang berminat terjun ke dunia politik. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menanggapi ketertarikan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep yang berminat terjun ke dunia politik.

Mardani mengatakan bahwa setiap orang memiliki hak untuk mencalonkan dan dicalonkan untuk menempati jabatan publik, namun dia menekankan bahwa proses politik harus diterapkan asas keadilan.

Menurut Mardani, Kaesang memiliki privilese sebagai anak presiden yang tak dimiliki oleh pemuda lainnya.

Baca juga: Curhat Rasanya Jadi Anak Presiden, Kaesang Pangarep: Enakan Bapak Jadi Orang Biasa Aja

Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Mardani Ali Sera yang juga Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi memaparkan strategi pemenangan pemilu 2019, Sabtu (10/3/2018), di Ballroom Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.
Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS Mardani Ali Sera yang juga Ketua Tim Pemenangan Anies-Sandi memaparkan strategi pemenangan pemilu 2019, Sabtu (10/3/2018), di Ballroom Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat. (TRIBUNNEWS/HO)

"Semua orang punya hak, mencalonkan dan dicalonkan. Bagus buat politik jika anak muda masuk ke politik," kata Mardani saat dihubungi, Rabu (25/1/2023).

"Walau bagaimanapun mesti diterapkan asas keadilan. Seorang anak presiden punya privilege yang tidak dimiliki pemuda lain," ujarnya.

Oleh karena itu, Mardani mengusulkan dibuat aturan yang dicalonkan untuk menduduki jabatan publik lewat mekanisme pemilihan umum (pemilu) demi menjaga sistem yang berkeadilan.

"Bagus dibuat aturan, keluarga inti presiden dilarang dicalonkan untuk jabatan publik yang menggunakan mekanisme pemilihan publik. Baik agar sistem berjalan dan adil bagi semua orang," ungkapnya.

Baca juga: Putra Jokowi Tolak Perpanjangan Masa Jabatan Presiden: Ibu Saya Sudah Mulai Nyicil Packing

Diberitakan sebelumnya, Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep mengungkapkan ketertarikannya di politik. Kaesang langsung mengungkapkannya kepada Presiden Joko Widodo dan abangnya Gibran Rakabuming Raka.

Momen tersebut disampaikan Kaesang saat keluarga Presiden Jokowi makan siang di Ono Solo Coffee & Eatery, Kelurahan Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (23/1/2023).

Selvi Ananda dan Erina Gudono turut hadir di acara tersebut.

Gibran mengungkapkan anggota keluarga Jokowi yang hadir dalam momen makan siang itu dibuat terkaget-kaget.

"Kaesang kemarin, saya kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke saya, ke bapak, dia ada ketertarikan di politik," ungkap dia, Selasa (24/1/2023).

"Bapak yo kaget. Biasanya tidak pernah ngomong kan itu, aku yo kaget," tambahnya.

Baca juga: Bukan demi Restu Jokowi, Pengamat Ungkap Kesan di Balik Pertemuan Anies dan Gibran

Gibran menyampaikan bila Kaesang sejauh kelihatannya masih penjajakan memasuki dunia politik.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved