Mahasiswa Papua Pulang Kampung

Soal Pengangkutan Balik Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar dengan Hercules, Wiranto: Sudah Berjalan

Wiranto menyebut pengangkutan mahasiswa Papua & Papua Barat yang pulang kampung untuk kembali ke tempat belajar dengan pesawat Hercules sudah berjalan

Soal Pengangkutan Balik Mahasiswa Papua ke Tempat Belajar dengan Hercules, Wiranto: Sudah Berjalan
Rizal Bomantama/Tribunnews.com
Menkopolhukam Wiranto. 

TRIBUNPAPUA.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto menyatakan, pengangkutan mahasiswa Papua dan Papua Barat yang pulang kampung untuk kembali ke wilayah tempat mereka menimba ilmu dengan pesawat hercules mulai berjalan.

"Sudah jalan (pengangkutan balik), kemarin sudah mulai," ujar Wiranto di Kantor Menkopolhukam, Selasa (10/9/2019).

Menurut Wiranto, pemerintah sudah menyiapkan dua pesawat Hercules jenis C-130 untuk mengangkut mahasiswa ke daerah tempat belajar mereka di seluruh Indonesia.

Ratusan Mahasiswa Papua Pulang Kampung, Ketua MRP Bantah Maklumat yang Dikeluarkan Jadi Penyebab

Ketika ditanya apakah ada penambahan jumlah mahasiwa Papua yang pulang kampung dari berbagai daerah, Wiranto mengaku belum memonitor hal tersebut.

"Saya enggak tahu. Saya belum monitor lagi, masa setiap jam mesti lapor," kata dia.

Secara terpisah, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letnan Kolonel CPL Eko Daryanto mengatakan, pihaknya sedang mendata mahasiswa Papua dan Papua Barat dari berbagai daerah di Indonesia yang pulang kampung.

Jokowi Janjikan 1.000 Mahasiswa Papua Bisa Bekerja di BUMN dan Perusahaan Swasta Besar

"Ya betul, kita sedang mendata jumlah masing-masing wilayah melalui komando wilayah dan pemerintah daerah setempat agar bekerja sama dan mensosialisasikan dan publikasi tentang kesiapan TNI," ujar Eko kepada Kompas.com yang dihubungi dari Jakarta, Selasa (10/9).

"Pelaksanaanya nanti akan diberitahukan, sekarang masih mendata mahasiswa," ucap dia.

Sebelumnya, Wiranto menyebutkan, dari laporan yang diterimanya, ada lebih dari 800 mahasiswa Papua dan Papua Barat yang meninggalkan tempat belajar mereka di sejumlah wilayah Indonesia untuk pulang kampung.

Bupati Mamberamo Tengah Papua Tanggapi Puluhan Mahasiswa di Daerahnya yang Memilih Pulang Kampung

Dia mengatakan, para mahasiswa yang juga orang asli Papua itu mendapatkan informasi bahwa apabila mereka tetap belajar di daerah luar Papua dan Papua Barat, akan ada ancaman.

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved