Kerusuhan di Papua

Ketua KNPB Steven Itlay Ditangkap di Depan Gerbang Uncen, Ini Tanggapan Rektor

Menanggapi lokasi penangkapan tersebut, Rektor Uncen Apolo Shapanfo memastikan bahwa keberadaan Steven tidak ada kaitannya dengan Uncen.

Ketua KNPB Steven Itlay Ditangkap di Depan Gerbang Uncen, Ini Tanggapan Rektor
(Dok Istimewa)
Ketua KNPB Mimika, Steven Itlay, saat diamankan di Mapolda Papua. 

TRIBUNPAPUA.COM - Tim Gabungan Satgas Nemangkawi menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Wilayah Mimika, Steven Itlay.

Steven merupakan tersangka dari kerusuhan Jayapura yang terjadi beberapa waktu lalu.

Steven ditangkap di depan gerbang masuk Universitas Cenderawasih (Uncen) di Perumnas 3 Waena, Kota Jayapura, Papua.

Polisi Tangkap Ketua KNPB Mimika Steven Itlay, Ini Perannya dalam Kerusuhan di Jayapura

Menanggapi lokasi penangkapan tersebut, Rektor Uncen Apolo Shapanfo memastikan bahwa keberadaan Steven tidak ada kaitannya dengan Uncen.

"Saya menduga tidak ada (kaitan), karena kami dalam tiga bulan terakhir sudah melakukan penertiban dan pembenahan asrama-asrama di lingkungan Uncen," ujar Apolo ketika dihubungi, Kamis (12/9/2019).

Selama ini salah satu asrama Uncen yaitu Rusunawa yang terletak tidak jauh dari kampus atas Uncen, dihuni oleh warga yang bukan merupakan mahasiswa Uncen.

Deretan Janji Jokowi untuk Papua dan Papua Barat

Terakhir, pada Senin (9/9/2019), tim gabungan dari Polda Papua dan Polres Jayapura Kota menggeledah Rusunawa Uncen dan mengamankan 18 orang dengan berbagai barang bukti senjata tajam dan atribut KNPB.

Apolo memastikan pihak kampus telah berusaha menetralisir Rusunawa agar fasilitas tersebut bisa betul-betul ditinggali oleh para mahasiswa.

"Sebelum penertiban itu, tiga bulan sebelumnya kita sudah mengeluarkan imbauan sebanyak tiga kali, juga bahwa akan ada pembenahan dan penertiban asrama. Pembenahan itu terkait sarana prasrana fasilitas asrama, lalu penertiban itu terkait dengan penghuni asrama," tuturnya.

Lukas Enembe Sebut Penjarahan Kantor Gubernur Sudah Direncanakan: Masa Sudah Siap Speed Boat?

Apolo memimpin dan mengunjungi tiap asrama dan melakukan upaya persuasif kepada pihak-pihak yang bukan berstatus sebagai mahasiswa Uncen agar mereka bisa meninggalkan Rusunawa.

"Kita tetap berharap bahwa teman-teman yang bukan penghuni tidak memaksakan tinggal di asrama karena fasilitas itu dibangun untuk membantu anak-anak Papua yang kuliah di Uncen," ucapnya.

(Kompas.com/Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pernyataan Rektor soal Tersangka Kerusuhan Jayapura Ditangkap di Depan Gerbang Uncen

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved