Ada Ketimpangan Pendidikan di Wamena dan Nduga Dibandingkan Daerah Lain, Mendikbud: Sangat Kelihatan

Dari hasil kunjungan itu, ia mengakui terjadi ketimpangan perkembangan dunia pendidikan di dua kabupaten tersebut bila dibandingkan dengan daerah lain

Ada Ketimpangan Pendidikan di Wamena dan Nduga Dibandingkan Daerah Lain, Mendikbud: Sangat Kelihatan
(KOMPAS.com/DHIAS SUWANDI)
Mendikbud Muhadjir Effendy menyapa para pelajar di SD Impres Keneyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (15/10/2019) 

TRIBUNPAPUA.COM, JAYAWIJAYA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Muhadjir Effendy pada Selasa (15/10/2019) mengunjungi Distrik Keneyam, Kabupaten Nduga, dan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Dari hasil kunjungan tersebut, ia mengakui terjadi ketimpangan perkembangan dunia pendidikan di dua kabupaten tersebut bila dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

"Kita melihat antara Nduga dan Wamena saja itu ketimpangan pendidikan masih sangat kelihatan ya, dan ini yang merupakan PR (pekerjaan rumah) besar yang harus diselesaikan di Negara ini," ujar Muhadjir, di Wamena.

Ia berjanji akan memberikan perhatian khusus bagi dunia pendidikan di Jayawijaya dan Nduga meski ketimpangan juga terjadi di beberapa daerah di Jawa.

Pada kesempatan itu, Muhadjir membagikan gawai kepada 100 pelajar SMA di Wamena sebagai realisasi program digitalisasi pendidikan di wilayah tersebut.

Untuk Nduga, keterbatasan jaringan telekomunikasi membuat program yang sama belum dapat diimplementasikan.

Kondisi Pelajar Pelajar Nduga di Keneyam, 195 Anak Ditampung dalam 3 Kelas

"Tetapi di sana (Nduga) belum mungkin untuk digitalisasi sekolah karena di sana perangkat jaringan internet dan listrik belum memadai, saya rasa bertahap. Sementara, yang di Wamena saya anggap sudah bagus. Nanti termasuk yang program digitalisasi sekolah saya kira sudah bisa dimulai," tutur dia.

Seusai kegiatan yang dilakukan di SMPN 2 Wamena tersebut, Muhadjir yang didampingi Bupati Jayawijaya Jhon Banua melakukan tatap muka dengan para guru di Gedung Ukumiarek Aso.

(Kontributor Jayapura, Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendikbud: Ada Ketimpangan Pendidikan di Wamena dan Nduga Dibandingkan Daerah Lain"

Editor: Sigit Ariyanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved