Soroti Kinerja Anies Tangani Banjir DKI, Pakar Tata Kota: Mohon Maaf Belum Terlihat

Sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi perhatian publik setelah Ibu Kota kembali dilanda banjir terhitung sejak Sabtu (8/2/2020) dinihari.

Soroti Kinerja Anies Tangani Banjir DKI, Pakar Tata Kota: Mohon Maaf Belum Terlihat
(KOMPAS.com/NURSITA SARI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor Lurah Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur, Minggu (15/12/2019). 

TRIBUNPAPUA.COM - Sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi perhatian publik setelah Ibu Kota kembali dilanda banjir terhitung sejak Sabtu (8/2/2020) dinihari.

Pakar Tata Kota Prof Manlian Ronald Simanjuntak menilai Anies tidak memiliki kemampuan yang cukup untuk melakukan penanggulangan banjir di Ibu Kota.

Dikutip TribunWow.com dari video unggahan kanal YouTube Talk Show tvOne, Minggu (9/2/2020), mulanya Ronald menjelaskan soal undang-undang yang mengatur tentang mitigasi bencana.

Namun Ronald menambahkan bahwa bencana memang tidak bisa ditebak kapan datangnya. Maka dari itu Ronald mengatakan bahwa pemerintah harus mampu membuat masyarakat siap menghadapi kemungkinan datangnya bencana banjir.

"UU no 24 mengenai penanggulangan bencana itu memang ada istilah mitigasi, tapi kita harus tahu bencana itu tidak bisa dicegah, bencana berbasis penanggulangan, berarti mindset (pola pikir) kita siap," papar Ronald.

"Berarti Pemda harus mempersiapkan semua pihak, termasuk masyarakat."

"Jadi saya mencermati masyarakat ini belum siap, ngeluh lah sana-sini, segala macam, harusnya mereka sudah siap," lanjutnya.

Merujuk tidak siapnya warga DKI Jakarta menghadapi banjir, dan penilaian warga Ibu Kota terhadap Anies, Ronald menyimpulkan bahwa Anies memang belum memiliki kapasitas untuk menanggulangi banjir sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Jadi filosofi dari kebencanaan adalah mempersiapkan semua pihak bahkan sampai yang terberat sekali pun," kata Ronald.

"Kalau masyarakat saja sudah menilai sampai segitu kapasitas kepala daerah Jakarta, ngeri sekali menurut saya."

Halaman
1234
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved