Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol dengan Bahan yang Mudah Ditemukan

Saat ini hand sanitizer merupakan salah satu benda yang sedang banyak diburu masyarakat.

Cara Membuat Hand Sanitizer Tanpa Alkohol dengan Bahan yang Mudah Ditemukan
THOUGHT CO
Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah. 

TRIBUNPAPUA.COM - Saat ini hand sanitizer merupakan salah satu benda yang sedang banyak diburu masyarakat.

Tak heran jika stok hand sanitizer di sejumlah toko makin menipis, bahkan sudah tidak tersedia dalam kurun beberapa hari terakhir.

Namun, Anda tak perlu khawatir, sebab hand sanitizer juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di pasaran.

Seorang perempuan sedang mencuci tangan dengan menggunakan cairan antiseptic/hand sanitizer di Solo, Rabu (5/3/2020)
Seorang perempuan sedang mencuci tangan dengan menggunakan cairan antiseptic/hand sanitizer di Solo, Rabu (5/3/2020) (TribunWOW.com/Buyung Haryo)

Informasi mengenai cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami ini sudah diuji coba oleh Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Ketua Departemen Farmasetika Fakultas Farmasi UNAIR, Dr Retno Sari menjelaskan cara membuat hand sanitizer dengan bahan alami.

"Sebenarnya pembuatan hand sanitizer banyak digunakan di mana bahan aktifnya adalah etanol dengan kadar 70 persen itu mudah pembutannya, hanya masyarakat umum untuk mendapatkan bahan bakunya mungkin tidak mudah ya, karena ada persyaratan khusus," jelas Retno Sari.

Retno merasa tidak semua orang bisa menemukan etanol sehingga ia berinisiatif untuk menggunakan bahan lain yang lebih mudah dicari, yakni daun sirih.

"Sebenarnya ini hasil penelitian kami sudah sejak 2006, pada saat itu sedang flu burung. Nah kita membuat alternatif hand sanitizer dari alam dengan bahan daun sirih," jelasnya.

Retno pun menuturkan, ia menambahkan bahan lain pada penelitiannya itu sehingga hand sanitizer yang bisa digunakan semua orang.

"Kemudian Maret kita coba menambahkan bahan lain yang juga mempunyai efek anti bakteri dan juga untuk mengatasi masalah pada sirih sendiri," kata dia.

Daun sirih, kata Retno Sari, menjadi salah satu bahan yang sering digunakan sebagai antiseptik.

"Nah kalau ada di rumah, kita bisa gunakan rebusan daun sirih, kemudian karena daun sirih ini mudah teroksidasi, jadi warnanya biasanya berubah menjadi cokelat. Nah ini bisa diatasi dengan menambahkan jeruk nipis, nanti dia bisa mencegah oksidasi," terangnya kemudian.

Ia berharap masyarakat bisa mencoba hand sanitizer sendiri ini di rumah.

Halaman
123
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved