Virus Corona di Papua

Papua Naikkan Status dari Siaga Jadi Tanggap Darurat Corona setelah Kasus Positif Bertambah Capai 45

Meningkatnya kasus Covid-19 di Papua membuat Pemerintah Provinsi Papua menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Ilustrasi Virus Corona Covid-19 

TRIBUNPAPUA.COM - Jumlah kasus positif Covid-19 di Papua bertambah 14 kasus atau menjadi 45 kasus, Rabu (8/4/2020).

Meningkatnya kasus Covid-19 di Papua membuat Pemerintah Provinsi Papua menaikkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat.

"Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Lukas Enembe S.Ip, MH (Gubernur Papua) dengan ini menyatakan, meningkatkan status siaga darurat Virus Corona menjadi status tanggap darurat," ujar Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Rabu (8/4/2020).

Pemberlakuan status tanggap darurat di Papua akan mulai diterapkan pada 9 April 2020 dan berlaku selama 28 hari atau dua kali masa inkubasi.

Dengan status itu, maka pembatasan sosial dan penutupan akses keluar dan masuk Papua diperpanjang selama 14 hari.

Pandemi Virus Corona, Gubernur Lukas Enembe Minta Jokowi Pertimbangkan Jadwal PON 2020 di Papua

Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule mengatakan, dengan peningkatan tersebut, dia memandang imbauan dan protokol yang dikeluarkan pemerintah terkait pencegahan penyebaran Virus Corona belum dijalankan dengan baik oleh masyarakat.

"Physical distancing kita belum berjalan dengan baik," kata Silwanus.

Mengutip Antara, Sekretaris Dinkes Papua itu mengatakan, ada empat wilayah yang menjadi perhatian serius dalam hal penanganan Covid-19, yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Selain kasus positif Corona, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua berjumlah 54 orang dan 3.084 Orang Dalam Pemantauan (ODP).

(Kompas.com/Dhias Suwandi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 45 Kasus Positif Covid-19, Papua Naikkan Status dari Siaga Jadi Tanggap Darurat Corona

Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved