Breaking News:

Nekat Tusuk Dadanya Sendiri, Pria Ini Buat Cerita Dirampok Demi Menghindari Tagihan Utang

Ingin menghindar dari tagihan utang, seorang pengusaha kopi di Tanggamus, Lampung, membuat cerita perampokan yang menimpa dirinya.

(FOTO: Dok. Polres Tanggamus)(KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA )
Pelaku perekayasaan perampokan di Tanggamus diperiksa aparat Polsek Sumber Rejo. 

TRIBUNPAPUA.COM - Ingin menghindar dari tagihan utang, seorang pengusaha kopi di Tanggamus, Lampung, membuat cerita perampokan yang menimpa dirinya.

Untuk meyakinkan orang bahwa dia telah dirampok, pelaku yang berinisial ZM (32) bahkan sampai menusuk dadanya sendiri menggunakan pisau.

Drama tersebut dibongkar oleh aparat Polsek Sumber Rejo.

ZM yang merupakan warga Pekon Argomulyo, Kecamatan Sumber Rejo, Tanggamus, ditangkap pada 2 Juli 2020.

"Pelaku terbukti merekayasa kasus perampokan," kata Kapolsek Sumber Rejo AKP Takarinto dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Takarinto mengatakan, pelaku membuat laporan palsu yang menyebutkan bahwa dia telah dirampok setelah mengambil uang di Bank BRI setempat.

Hilang di Gunung Guntur, Pendaki Ini Ngaku Bisa Lihat Orang Lain tapi Orang Lain Bisa Tak Melihatnya

Dalam laporannya, pelaku mengaku uang sebanyak Rp100 juta miliknya telah dirampok.

"Pelaku juga mengaku ditusuk oleh perampok tersebut," kata Takarinto.

Kronologi

Takarinto mengatakan, skenario drama perampokan itu dibuat oleh pelaku ZM dengan satu aktor lain, yakni D (41) yang merupakan teman satu kampung dengan ZM.

"Motif pelaku adalah menghindar pembayaran utang sebesar Rp150 juta kepada lima orang yang telah jatuh tempo," kata Takarinto.

Dalam kasus ini, awalnya ZM mendatangi Bank BRI Sumber Rejo pada Kamis pagi.

"Pelaku mengaku mengambil uang sebesar Rp100 juta. Siang hari, sekitar pukul 14.00 WIB, pelaku mengaku diserang orang tak dikenal, ditusuk di dada dan uangnya dirampok," kata Takarinto.

Namun, dalam pelaporan dan konfirmasi ke pihak BRI Sumber Rejo, kepolisian menemukan kejanggalan, sehingga ZM yang saat itu menjadi pelapor, justru dicurigai.

Menurut Takarinto, pelaku ZM ternyata hanya mengambil uang sebanyak Rp 800.000, lalu melakukan sendiri kejadian perampokan dan penusukan di depan rumahnya.

(Kompas.com/  Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Ditagih Utang, Berpura-pura Dirampok hingga Tusuk Dada Sendiri"

Editor: Roifah Dzatu Azmah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved