Breaking News:

Kronologi Pesawat MAF di Intan Jaya Dibakar KKB, Pilot Diselamatkan oleh Para Pendeta da Warga

Polda Papua mengonfirmasi adanya aksi pembakaran pesawat misionaris milik PT MAF yang terjadi di Kampung Pagamba, Intan Jaya, Papua.

Youtube/Juli Rose
Ilustrasi kebakaran 

TRIBUNPAPUA.COM - Polda Papua mengonfirmasi adanya aksi pembakaran pesawat misionaris milik PT MAF yang terjadi di Kampung Pagamba, Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, pada Rabu (6/1/2021).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan, pembakaran pesawat itu diduga dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Dalam kejadian itu, pilot pesawat Alex Luferchek yang merupakan warga negara Amerika Serikat selamat dari insiden itu. Ia diselamatkan para pendeta.

"Pilot diamankan oleh para pendeta dan masyarakat ke Kampung Tekai perbatasan antara Kampung Bugalaga dan Kampung Pagamba Distrik Mbiandoga, Kabupaten Intan Jaya. Kemudian pesawat tersebut dibakar oleh KKB," kata Kamal dalam keterangan tertulis, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: Penumpang Berebut Kursi, KKB Lakukan Provokasi hingga Bakar Pesawat MAF di Papua

Kronologi

Insiden pembakaran pesawat itu terjadi pada pukul 09.00 WIT. Pesawat MAF PK-MAX berangkat dari Bandara Nabire membawa dua penumpang tujuan Pagamba, bandara perintis milik MAF di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya.

Pilot melaporkan pesawat itu mendarat di Bandara Pagamba dengan baik pada pukul 09.30 WIT.

"Selanjutnya pilot disuruh turun dari pesawat kemudian datang seseorang (diduga Kelompok Kriminal Bersenjata) yang berada di sekitar tempat pesawat berhenti, serta membawa senjata dan mengeluarkan tembakan ke udara sambil menyuruh pilot untuk merunduk," kata dia.

Kamal menyebut, pembakaran pesawat MAF itu terdeteksi oleh Basarnas.

Basarnas pun meminta Yayasan MAF di Nabire mengecek kondisi pesawat.

Baca juga: Helikopter Milik PT SGI Ditembak OTK di Mimika Papua, Polisi Duga Pelaku adalah KKB Kalikopi

Halaman
12
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved