Breaking News:

KKB Papua

Komandan KKB di Kapulauan Yapen Papua Bergabung Kembali ke NKRI

Noak Orarei, Komandan KKB di Kosiwo, Yapen, bergabung kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rabu (17/3/2021).

(HUMAS POLRES YAPEN)
Noak Orarei, pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Wilayah Distrik Kosiwo, Kabupaten Kepulaun Yapen, Provinsi Papua, ketika mencium bendera merah putih, Rabu (17/3/2021). 

TRIBUNPAPUA.COM - Noak Orarei, Komandan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di wilayah Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua menyerahkan diri ke polisi dan bergabung kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Rabu (17/3/2021).

Kaapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdiyan Indra Fahmi mengatakan Noak Orarei menyerahkan diri diantar oleh keluarganya.

"Hari ini saudara Noak Orarei yang diantar oleh pihak keluarga hadir di tengah-tengah kita untuk menyatakan sikap untuk sadar kembali ke pangkuan NKRI setelah selama ini bergabung dengan KKB TNPB Wilayar Saireri pimpinan Rudi Orarei sejak 2014," ujar Ferdiyan, dikutip TribunPapua.com dari Antara, Kamis (18/3/2021).

Baca juga: Kronologi Penangkapan 4 KKB Pimpinan Joni Botak, Aparat Sempat Buntuti Mobil Mereka

Penyerahan diri Noak Orarei itu disambut baik oleh pihak Polres Kepulauan Yapen.

Ferdiyan menyebut, Tim Polres Kepulauan Yapen terus melakukan pendekatan secara kekeluargaan terhadap Noak Orarei dan rekan-rekannya agar bisa kembali ke NKRI.

"Kami pihak kepolisian menyambut baik dan mendukung penuh dan akan selalu melakukan pendekatan kesejahteraan dan kekeluargaan dan berkoordinasi dengan pihak Pemda untuk dapat membantu noak Orarei serta rekan-rekan lain yang ingi kembali menjadi warga RI dan menghentikan perjuangan melepaskan diri dari NKRI," tuturnya.

Sementara itu, Noak Orarei menyatakan dirinya telah menjadi bagian dari NKRI.

"Saya NKRI, Saya Indonesia," kata Noak Orarei usai mencium bendera merah putih di Polres Kepulauan Yapen, seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Polisi: Jalan Trans Papua Timika-Nabire Jadi Jalur Pemasok Bahan Makanan dan Logistik untuk KKB

Ia juga berjanji akan setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Noak Orarei juga mengaku berterima kasih karena diterima dengan baik oleh aparat.

"Saya selama ini terbebani dengan situasi sulit selama ini, hari ini saya bersyukur dan berterima aksih kepada Bapak Kapolres Yapen kaena dapat diterima dengan baik dan diberikan bantuan untuk memulai kehidupan yang lebih baik untuk kesejahteraan keluarga saya," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Noak Orarei juga menyerahkan senjata api dan amunisi miliknya.

Yakni dua pucuk senjata rakitan laras pendek, tujuh butir amunisi kaliber 5,56, satu butir amunisi kaliber 7,6, tujuh butir amunisi Kaliber 3,8, satu buah bendera Bintang kejora, satu pasang pakaian loreng, dan satu buah topi rimba loreng.

(TribunPapua.com)

Penulis: Astini Mega Sari
Editor: Astini Mega Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved