Breaking News:

Polda Papua Minta Bantuan 3 Kompi dari Mabes Polri untuk Amankan 3 Kabupaten yang Bakal Gelar PSU

Polda Papua meminta bantuan tiga kompi pasukan dari Mabes Polri untuk mengamankan tiga kabupaten di Papua yang melakukan PSU.

Penulis: Musa Abubar | Editor: Astini Mega Sari
(Tribunpapua.com/Musa Abubar)
Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri - Polda Papua meminta bantuan tiga kompi pasukan dari Mabes Polri untuk mengamankan tiga kabupaten di Papua yang melakukan PSU. 

TRIBUNPAPUA.COM - Polda Papua meminta bantuan tiga kompi pasukan dari Mabes Polri untuk mengamankan tiga kabupaten di Papua yang melakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk pilkada 2020.

Tiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Yalimo.

"Kita telah meminta bantuan dari Mabes Polri tiga kompi yakni dari Makassar dan Ambon, mereka telah siaga di tiga kabupaten ini sampai dengan nanti pelaksanaan PSU," kata Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri kepada TribunPapua.com, Selasa (23/3/2021).

Sekitar 400 personel gabunganTNI-Polri disiagakan di Kabupaten Boven Digoel, Papua, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif pasca-putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pilkada di kabupaten tersebut, Selasa (23/3/2021).
Sekitar 400 personel gabunganTNI-Polri disiagakan di Kabupaten Boven Digoel, Papua, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif pasca-putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pilkada di kabupaten tersebut, Selasa (23/3/2021). (Humas Polda Papua)

Baca juga: 400 Personel TNI-Polri Disiagakan di Boven Digoel Pasca-Putusan MK terkait Sengketa Pilkada

Selain tiga kompi tambahan itu, Polda Papua juga menurunkan personelnya untuk ikut bersiaga.

Jika tanggal pelaksanaan PSU sudah dipastikan, maka personel dari Polda Papua nantinya akan digeser untuk membantu pengamanan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

"Kami dari kepolisian tentunya memperkuat pengamanan di tiga kabupaten yang melaksanakan PSU," ujar Mathius.

"Kita berharap bisa menjaga keamanan di tiga titik ini sehingga pelanggaran PSU itu bisa dilaksanakan dengan baik."

"Besar harapan saya pelaksanaan PSU di tiga kabupaten ini bisa berjalan dengan aman, tertib, dan bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Kapolda berharap semua pasangan calon tak melakukan provokasi maupun agenda buruk.

Baca juga: Polda Papua Sebut Situasi 3 Kabupaten di Papua Kondusif Pasca-Putusan MK terkait Sengketa Pilkada

"Saya tegaskan, demokrasi di tanah Papua, khususnya di tiga titik ini dijaga sehingga bisa menghasilkan pemimpin di tiga kabupaten ini yang mempunyai nurani yang baik, sehingga nantinya bisa mempin kampungnya dengan baik," katanya.

Kapolda mengingatkan seluruh bupati dan wakil bupati terpilih untuk sungguh-sungguh mengurus kampung mereka dan tak sering pergi ke luar daerah.

"Mereka harus ada di kampung dan melayani masyarakat dan menjalankan roda pemerintahan sehingga memudahkan masyarakat untuk bisa mempin," tambah dia.

(Kontributor TribunPapua.com/Musa Abubar)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved