Breaking News:

Polda Papua Sebut Situasi 3 Kabupaten di Papua Kondusif Pasca-Putusan MK terkait Sengketa Pilkada

Polda Papua menyebutkan situasi di tiga kabupaten aman dan kondusif setelah putusan MK terkait sengketa pilkada.

(TribunPapua.com/Musa Abubar)
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal - Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan situasi di tiga kabupaten aman dan kondusif setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada di tiga kabupaten tersebut. 

TRIBUNPAPUA.COM - Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menyebutkan situasi di tiga kabupaten aman dan kondusif setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pilkada di tiga kabupaten tersebut.

Tiga kabupaten tersebut yakni, Kabupaten Nabire, Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Yalimo.

Di Kabupten Nabire dan Kabupaten Boven Digoel putusan MK menetapkan dilaksanakannya PSU secara total, sedangkan di Kabupaten Yalimo PSU dilakukan hanya di dua distrik.

"Kami akan melakukan koordinasi dengan KPU terkait kapan pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) sehingga kami dapat menyiapkan personel untuk melakukan pengamanan," kata Kamal kepada TribunPapua.com, Selasa (23/3/2021).

Baca juga: 400 Personel TNI-Polri Disiagakan di Boven Digoel Pasca-Putusan MK terkait Sengketa Pilkada

Tiga kabupaten yang melaksanakan PSU ini, kata dia, memiliki tingkat kerawanan berbeda-beda sehingga membutuhkan jumlah personel yang berbeda.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di tiga kabupaten tersebut pascaputusan MK, mari kita jaga bersama-sama situasi Kamtibmas agar tetap aman dan kondusif," ujarnya.

Proses demokrasi yang nantinya akan di gelar kembali, katanya, bakal didorong bersama-sama sehingga betul-betul terselenggara dengan baik.

"Jangan ada pelanggaran-pelanggaran yang nantinya akan menimbulkan proses hukum kembali, apakah dalam bentuk pidana atau pelanggaran proses pemungutan suara atau rekapitulasi karena akan memakan waktu cukup panjang dan biaya besar, ini menjadi atensi kita bersama," katanya.

Baca juga: Tolak Hasil Pilkada, Massa Rusak Rumah Dinas hingga Kantor KPU setelah Pelantikan Bupati Asmat

Kamal berharap situasi di tiga kabupaten tersebut tetap aman dan kondusif dan mendapatkan pemimpin terbaik yang akan membuat perubahan baik dari segi pendidikan, sarana dan prasarana.

Dengan demikian, tambah dia, masyarakat dapat terlayani dengan baik dan kehidupan lebih sejahtera.

(Kontributor TribunPapua.com/Musa Abubar)

Penulis: Musa Abubar
Editor: Astini Mega Sari
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved