Breaking News:

KKB Papua

Ini Respons Pemprov Papua terkait Penembakan KKB kepada Kabinda I Gusti Putu Danny

Pemprov Papua menggelar rapat koordinasi bersama Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih dan Polda Papua soal aksi KKB.

(DOK. Humas Pemprov Papua)
Evakuasi jenazah Kabinda Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha dari Lapangan Terbang Beoga, Kabupaten Puncak, ke Kabupaten Mimika, Papua, Senin (26/4/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemprov Papua menggelar rapat koordinasi (rakoer) bersama Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih dan Kepolisian Daerah (Polda) Papua untuk membahas aksi keji Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pagi Senin (26/4/2021).

Sebelumnya, KKB melakukan penembakan kepada Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Papua Brigadir Jenderal (Brigjen) I Gusti Putu Danny Nugraha di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Minggu (25/4/2021).

Sekretaris Daerah (Sekda) Papua Dance Yulian Flassy kemudian memimpin rapat koordinasi dan menyepakati beberapa pokok pembahasan.

Baca juga: KKB Tembak Kabinda Papua hingga Tewas, DPR Fraksi PKS: Kejar Mereka hingga ke Sarangnya!

Pokok pembahasan pertama adalah Pemprov Papua, dalam hal ini Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Papua beserta jajaran, mengutuk keras kejadian yang menimpa Brigjen Danny.

Mereka menganggap bahwa kejadian tersebut merupakan hal yang tidak sesuai dengan perikemanusiaan.

“Pemprov Papua berharap aksi ini tidak terulang lagi, terlebih terhadap perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang sedang bertugas. Kami sekaligus menyampaikan belasungkawa atas gugurnya salah satu putra bangsa terbaik,” kata Dance mewakili jajaran Pemprov Papua.

Selain itu, pokok kedua pembahasan pagi itu adalah pemberian penghargaan atau apresiasi khusus kepada Brigjen Danny atas pengabdian yang telah diberikan di Tanah Papua.

Sebagai bentuk penghormatan, Gubernur Papua Lukas Enembe secara khusus memerintahkan Sekda Papua dan beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Papua untuk menghadiri acara pemakaman Brigjen Danny di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Selasa (27/4/2021) mendatang.

Baca juga: Ikut Berduka Cita atas Gugurnya Kabinda Papua, Jokowi: Tak Ada Tempat untuk KKB di Indonesia

Tidak haya itu, Pemprov Papua juga berkomitmen untuk lebih mengefektifkan komponen-komponen yang ada dalam pemerintahan dan masyarakat untuk mencegah berbagai tindakan yang berpotensi merugikan banyak orang.

Adapun poin pembahasan terakhir adalah Pemprov Papua bersama TNI, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), serta unsur terkait akan berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved