Breaking News:

Pelantikan Bupati Yahukimo Papua Ditunda, Masyarakat Diminta Bersabar

Pemerintah Provinsi Papua menunda pelantikan Bupati Yahukimo terpilih, Didimus Yahuli dan Esau Miram hingga waktu yang belum ditentukan.

instagram.com/pemulihanyahukimo
Didimus Yahuli dan Esau Miram 

Laporan Wartawan Tribun-Papua, Musa Abubar

TRIBUN-PAPUA.COM - Pemerintah Provinsi Papua menunda pelantikan Bupati Yahukimo terpilih, Didimus Yahuli dan Esau Miram hingga waktu yang belum ditentukan.

Atas hal itu pun masyarakat di kabupaten setempat diminta bersabar.

"Saya sudah tanda-tangan penundaan pelantikan Bupati Yahukimo, dalam waktu dekat pelantikan akan dilakukan," kata Sekda Papua,Dance Yulian Flassy ketika dikonfirmasi Tribun-Papua di Jayapura, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Pemprov Minta Desk Papua Diaktifkan Guna Penyelesaian Konflik di Beoga Puncak

Sekda Dance Yulian Flassy mengatakan setelah menghadiri pemakaman Kabinda Papua, ia akan menemui Gubernur Papua Lukas Enembe untuk meminta pelantikan Bupati Yahukimo dilakukan secara vritual.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa menjelaskan, pelantikan Bupati Yahukimo dan juga beberapa bupati daerah lainnya, kedepan ditunda sampai berakhirnya masa jabatan bupati lama.

"Untuk Bupati Yahukimo yang masa jabatannya sudah berakhir tidak bisa kita lakukan karena Gubernur Papua Lukas Enembe dan Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal masih di Jakarta," katanya.

"Sambil menunggu mereka, kita tunda pelantikan. Jadi, kami harap masyarakat Yahukimo, Pemerintah Yahukimo, pemuda, intelek tual, tokoh agama, tokoh masyarakat sabar, karena yang kewenangan melantik adalah Gubernur," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Papua Minta Karateker Bupati Selesaikan PSU di Tiga Kabupaten

Dia mengatakan, masyarakat Yahukimo diharapkan besabar, tidak boleh berpikir yang aneh-aneh.

Pelantikan pasti akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Pak Gubernur Lukas Enembe begitu sakit, pak Wakil Gubernur juga sakit, saya heran juga, saya tidak mengerti kenapa sampai begitu, mereka smeentara berobat di Jakarta," katanya.

Antara Gubernur atau Wakil Gubernur kembali dari Jakarta setelah berobat, menurut dia, barulah pelantikan Bupati Yahukimo terpilih dilakukan.

"Seharusnya pelantikan Bupati Yahukimo sudah dilakukan, tapi terpaksa harus dimajukan dan segera akan dilakukan beberapa hari kedepan," tambah dia.

Berita lain tentang Papua

Penulis: Musa Abubar
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved