Breaking News:

KKB Papua

KKB Bakar ATC Bandara Aminggaru di Ilaga, Penerbangan dan Pendaratan Sementara Gunakan GTA

KKB sempat membakar menara air traffic control (ATC) Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (3/6/2021) petang.

Editor: mohamad yoenus
(Kompas.com/Dhias Suwandi)
Tangkapan layar dari drone milik aparat keamanan yang menunjukan tower bandara/ATC Bandara Aminggaru, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, tengah terbakar, Papua, Kamis (3/6/2021) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) sempat membakar menara air traffic control (ATC) Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (3/6/2021) petang.

Padahal, menara ATC merupakan sarana vital bagi bandara.

Karena insiden itu pun, aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru terganggu.

Pengelola bandara terpaksa memandu pilot yang hendak terbang dan mendarat menggunakan radio ground to air (GTA).

"Saat ini belum ada fasilitas menara pengawas di Bandara Ilaga pasca insiden pembakaran tersebut. Kami memandu pilot pesawat yang akan mendarat radio ground to air," ujar Kepala Bandara Ilaga Herman Sujito saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Sempat Tertunda karena Bandara Dibakar oleh KKB, Jenazah Habel Akhirnya Berhasil Dipulangkan ke NTT

Menurut dia, aktivitas penerbangan di Bandara Aminggaru mulai dilakukan sejak Sabtu pagi.

Salah satunya, saat evakuasi jenazah Habel Halenti yang tewas ditembak KKB di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, pada Kamis (3/6/2021) sekitar pukul 13.00 wit.

"Sudah ada dua kali penerbangan pada Sabtu ini," kata Herman.

Perbaikan menara ATC Bandara Ilaga yang berada di atas ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut itu akan dilakukan saat aparat keamanan memastikan situasi sudah kondusif.

Dalam situasi normal, kata Herman, Bandara Aminggaru yang memiliki landasan pacu sepanjang 600 meter itu melayani sekitar 50 kali penerbangan dalam sehari, dari pukul 06.00 WIT-12.30 WIT.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved