Breaking News:

PON XX Papua

Dispora Papua: Pemeliharaan 13 Venue PON XX Capai Rp 15 Miliar per Tahun

Pemprov Papua mengganggarkan Rp 15 miliar per tahun untuk biaya perawatan dan pemeliharaan 13 venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Penulis: Roy Ratumakin
Editor: Roifah Dzatu Azmah
Tribun-Papua.com/ ROY RATUMAKIN
Gedung Olahraga (GOR) Cenderawasih merupakan satu di antara venue PON XX Papua. 

Laporan Wartawan TribunPapua.com, Roy Ratumakin.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengganggarkan Rp 15 miliar per tahun untuk biaya perawatan dan pemeliharaan 13 venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Diketahui, venue PON di Papua tersebar di empat kluster, yakni di Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Alexander Kapisa, mengatakan perawatan dan pemeliharaan venue PON sudah berjalan mulai tahun ini.

"Sudah menganggarkan tahun ini bersumber dari APBD Induk sekitar Rp15 miliar," kata Kapisa, Sabtu, (5/6/2021) melalui sambungan telepon selularnya.

Baca juga: Venue Sasana Tinju PON XX Papua 97% Rampung, Kontraktor Garap Taman GOR Cenderwasih

Menurut Kapisa, pihaknya menyiapkan anggaran untuk proses perawatan dan pemeliharaan, karena yang paling besar adalah operasional venue-venue PON.

“Ada kurang lebih 13 venue PON, yang akan dirawat. Tahun lalu kami sudah mengkaji hitung-hitungan pemeliharaan dan sudah dapat angka tahun ini. Secara bertahap kami anggarkan,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Pemprov Papua tengah mempersiapkan draf Instruksi Presiden (Inpres) baru sebagai payung hukum guna mendukung penyelenggaraan PON XX tahun 2021, terutama  di masa pandemi covid-19.

Pemerintah pusat sebelumnya telah menerbitkan Inpres Nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Kemudian, Inpres Nomor 1 Tahun 2020 tentang percepatan dukungan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI tahun 2020 di Provinsi Papua.

Dikatakan Inpres baru ini juga berisi klausal perawatan dan pemeliharaan venue PON.

“Jika sudah ada Inpres baru, maka ada payung hukum untuk anggaran perawatan dan pemiliharaan venue PON, termasuk  soal proses serah terima aset dari BUMN kepada BUMD Papua,” kata Kapisa.

Berita PON XX Papua lainnya

(Tribun-Papua.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved