Breaking News:

Hilangnya Internet di Jayapura Buat Warga Merasa seperti Hidup 10 Tahun Lalu: Aktivitas Terbatas

Berbagai keluh kesah masyarakat pun bermunculan karena jaringan internet di Kota Jayapura dan sekitarnya tak kunjung pulih.

Thinkstock
ILUSTRASI - Berbagai keluh kesah masyarakat pun bermunculan karena jaringan internet di Kota Jayapura dan sekitarnya tak kunjung pulih. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Berbagai keluh kesah masyarakat pun bermunculan karena jaringan internet di Kota Jayapura dan sekitarnya tak kunjung pulih.

Padahal hilangnya jaringan internet sudah terjadi satu bulan lebih, sehingga sebagian besar aktivitas masyarakat pun terganggu.

Diketahui, Jaringan kabel optik bawah laut milik Telkom Grup putus di perairan Sarmi-Biak pada 30 April 2021 dan keesokan harinya mulai muncul titik keramaian masyarakat di beberapa lokasi karena mencari jaringan.

Seperti yang dialami Reja Prayoga yang memiliki usaha kedai kopi.

Baca juga: Percepat Pemulihan Jaringan Internet, Telkom Recovery Kabel Laut SMPCS Biak-Jayapura

Baca juga: Peradi Papua Somasi Telkom terkait Gangguan Internet di Jayapura

Bahkan, ia merasa kondisi Jayapura dengan kualitas data yang minim seperti membuatnya mundur ke masa lalu.

"Kondisi ini seperti kita mundur 10 tahun ke belakang, aktivitas terbatas karena belum ada internet yang cepat seperti sekarang," ujar Reja, di Jayapura, Senin (7/6/2021).

Sebagai pelaku usaha, ia mengaku aktivitas bisnisnya sangat terganggu dengan kondisi jaringan internet saat ini.

"Yang terganggu itu mulai dari pemesanan bahan baku, pengemasan, pola nongkrong orang juga berubah karena lebih banyak yang bungkus untuk dibawa cari jaringan," kata Yoga.

Hal yang sama juga dikeluhkan Mansur, salah stau warga Jayapura yang menyayangkan gangguan seperti ini berlangsung cukup lama.

Mansur yang merupakan Ketua Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Papua dan Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Papua, bahkan siap mendukung bila ada yang melakukan gugatan perwakilan kelompok (class action).

Halaman
123
Editor: Claudia Noventa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved