Breaking News:

KKB Papua

KKB Papua Semakin Brutal Beraksi, Anggota DPR Singgung Kapolri dan Panglima TNI: Malah Kecolongan

Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi meminta kedatangan Kapolri dan Panglima TNI ke Papua bisa memicu aparat untuk melakukan pengamanan

Editor: Claudia Noventa
Humas Polda Papua
Sekitar 400 personel gabungan TNI-Polri disiagakan di Kabupaten Boven Digoel, Papua, untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif pasca-putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa pilkada di kabupaten tersebut, Selasa (23/3/2021). 

TRIBUN-PAPUA.COM - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi sebut kedatangan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Papua seharusnya bisa memicu aparat untuk melakukan pengamanan lebih ketat di wilayah konflik tersebut.

Ia meminta aparat TNI-Polri selalu sigap untuk menghadapi ancaman teror teroris Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Sebelumnya, KKB kembali melakukan aksi teror dengan menembak warga sipil hingga tewas lalu juga membakar fasilitas Bandara Aminggaru Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Andi pun meminta aparat lebuh sigap dengan aksi tersebut yang berdampak ditutupnya sementara bandara tersebut.

"Kehadiran Kapolri dan Panglima TNI di Papua beberapa waktu lalu, seharusnya menjadi semangat para personel untuk dapat lebih sigap dalam melakukan pengamanan dan memberantas KKB bukan justru malah kecolongan," kata Andi Rio dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Sosok Habel Halenti, Warga Sipil yang Ditembak KKB Papua meski Sudah Minta Ampun

Dia meminta pemerintah bersama aparat keamanan untuk dapat segera memperbaiki Bandara Aminggaru Ilaga yang telah dirusak oleh KKB agar dapat kembali normal dan beroperasi

Langkah itu menurut dia harus segera dilakukan karena Bandara Aminggaru Ilaga merupakan pintu utama pusat distribusi logistik ke distrik Ilaga.

"Segera lakukan perbaikan, jangan sampai menghambat dan terjadi kelangkaan barang dan jasa di wilayah tersebut," ujarnya.

Politisi Partai Golkar itu meminta aparat untuk dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sekitar dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Hal itu menurut dia agar tidak ada rasa takut bagi warga untuk keluar atau menjalankan rutinitas pekerjaan sehari-harinya.

Baca juga: 2 Jenazah Korban Kebrutalan KKB Sudah Dikembalikan ke Keluarga, Dimakamkan secara Adat

Andi Rio menegaskan bahwa aparat keamanan yang bertugas di Papua harus dapat menangkap dan memberantas KKB, jangan sampai ada lagi aksi teror atau ancaman yang dilakukan KKB di Papua.

"Kasihan masyarakat di sana hidup merasa tidak tenang dan penuh rasa ketakutan dalam kesehariannya," katanya.

Berita KKB Papua lainnya

(Antara)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved