Breaking News:

Jayapura Terkini

Napak Tilas ke Gurabessi Jayapura, Putri Kesultanan Ternate: Orang Papua Ternyata Sangat Ramah

Di hadapan Lurah Gurabessi Maria Jochu, putri keturunan Sultan Baabullah Ternate ini menyebut lawatan paruh pekan ini sebagai napak tilas penyambung

TribunPapua.com/Aldi Bimantara
NAPAK TILAS - Lurah Gurabessi Maria Jochu SE, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua saat menerima Putri Monalisa Sjah dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara, Senin (7/6/2021). Kunjungan napak tilas ini untuk memperat silaturahim. 

Laporan Wartawan Tribun Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUNPAPUA.COM, JAYAPURA - Putri Monalisa Sjah dari Kesultanan Ternate Maluku Utara, berkunjung di Kantor Kelurahan Gurabesi Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura Papua Selasa (8/6/2021).

Di hadapan Lurah Gurabessi Maria Jochu, putri keturunan Sultan Baabullah Ternate ini menyebut lawatan paruh pekan ini sebagai napak tilas penyambung tali kasih dua suku bangsa bertetangga di timur Nusantara

Dalam kunjungan perdananya ke Papua, Putri Monalisa Sjah bersuka cita.

Selaku keturunan Sultan Baabulah mengungkapkan kesan pertamanya terhadap masyarakat asli Papua yang dinilainya sangat ramah.

"Ternyata orang Papua itu ramah dan murah senyum ya.." ujar Putri Monalisa.

Gurabessi adalah kawasan pusat ekonomi tua di pesisir utara Kota Jayapura. 

Warga Jayapura menyebut kawasan ini sebagai Pasar Lama.

Jauh sebelum kemerdekaan Indonesia dan penentuan pendapat rakyat (Pepera) Irian Barat di tahun 1969, warga asal Ternate dan Tidore sudah berinteraksi dengan warga Papua.

Gurabessi adalah salah satu titik poin interaksi ekonomi, sosial, dan akulturasi budaya ini. 

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah memberangkatkan Cableship DNEX Pacific Link (DPL) yang akan melakukan penyambungan kabel laut SMPCS ruas Biak-Jayapura.
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah memberangkatkan Cableship DNEX Pacific Link (DPL) yang akan melakukan penyambungan kabel laut SMPCS ruas Biak-Jayapura. (PT Telkom)

Baca juga: Hilangnya Internet di Jayapura Buat Warga Merasa seperti Hidup 10 Tahun Lalu: Aktivitas Terbatas

Halaman
12
Penulis: Aldi Bimantara
Editor: Thamzil Thahir
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved