Breaking News:

PENDIDIKAN

Bupati Toni Tesar Canangkan Kampus Uncen II di Yapen, Ini Pesan Presiden Jokowi

Bupati Kepulauan Yapen, Papua, Toni Tesar mencanangkan kampus II Universitas Cenderawasih di Serui.

Editor: Musa Abubar
Billy Mambrasar for Tribun-Papua.com
Suasana pencanangan Kampus Uncen II di Kabupaten Kepulauan Yapen, Selasa (29/6/2021) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Bupati Kepulauan Yapen, Papua, Toni Tesar mencanangkan kampus II Universitas Cenderawasih di Serui.

Pencanangan kampus itu diawali dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan, yang akan menampung kurang lebih 80 Mahasiswa mulai tahun ajaran 2021/2022

Bupati Toni Tesar mencanangkan fakultas itu pada Selasa, 29 Juni 2020. Hadir dalam pencanangan itu, Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Apolo Safanpo, ST, MT.

Selanjutnya, Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar ST. BSc, MBA, Direktur Kelembagaan Dirjen Dikti Kemendikbudristekdikti, Dr. Ir. Ridwan M.Si.

Baca juga: Pakar Hukum Tata Negara Uncen: Pergantian Sekda bentuk Malladministrasi

Kemudian, Ketua DPR Papua Jhonny Banua, dan Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Kearsipan Nasional, Christian Sohilait.

"Saya memberikan apresiasi kepada langkah cerdas Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, sebagai bagian dari percepatan pembangunan Teluk Cenderawasih," kata Staf Khusus Presiden RI, Billy Mambrasar melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun-Papua.com, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Ketua BEM Uncen Harap Rektor Terpilih Perhatikan Mahasiswa Kurang Mampu

Billy mengatakan, potensi utama di Teluk Cenderawasih adalah Kelautan dan Perikanan. Bupati Toni Tesar mengambil inisiatif untuk mendorong cikal bakal pembangunan Kampus ini.

"Seperti kita ketahui bahwa Presiden Jokowi tetap fokus dalam membangun Papua, komitmennya tidak berhenti,"ujarnya.

Baca juga: Dukung PON XX Papua, Horison Ultima Entrop Jayapura Sediakan 121 Kamar

Lanjut dia, rasa cinta Jokowi tetap dan tidak berubah untuk Papua. Khususnya di Periode kedua ini, Pesan presiden adalah fokus kepada percepatan Pembangunan Manusia khususnya orang asli Papua.

Hal itu tertuang di dalam Inpres No. 9 tahun 2020, dan salah satunya adalah mendorong sektor Maritim di wilayah teluk cenderawasih.

Sekadar diketahui, pada 2020, Presiden Joko Widodo meluncurkan Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 20 tahun 2020, yang berisi arahan untuk percepatan pembangunan Provinsi Papua dan Papua Barat.

Inpres ini kemudian oleh Bappenas, didetailkan menjadi rencana aksi Pembangunan di kedua Provinsi ini. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved