Breaking News:

PENDIDIKAN

Lakukan Seleksi di 6 Daerah, Uncen Hanya Terima 1.500 Mahasiswa Lewat Jalur JMSB

Universitas Cenderawasih hanya menerima sekitar 1.500 orang, sebab keterbatasan sarana prasarana dan tenaga pendidik.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
MAHASISWA BARU - Universitas Cenderawasih (Uncen) hanya menerima sekitar 1.500 orang, sebab keterbatasan sarana prasarana dan tenaga pendidik. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Universitas Cenderawasih (Uncen) mengadakan tes tertulis Jalur Mandiri Seleksi Bersama (JMSB) bagi calon mahasiswa di enam daerah di Provinsi Papua dengan membuka kuota penerimaan sebesar 1.500 orang.

Ketua Panitia JMSB Uncen, Dr Onesimus Sahuleka SH M Hum mengatakan, pihak kampus hanya menerima sekitar 1.500 orang, sebab keterbatasan sarana prasarana dan tenaga pendidik.

"Jumlah peserta JMSB di 6 daerah sebesar 6.647 dan akan bertambah, terbesar di Kota Jayapura 6.066 orang, Biak 133 orang, Wamena 137 orang , Mimika 113 orang, Nabire 120 orang, dan Serui 88 orang," kata Sahuleka, kepada Tribun-Papua.com, Selasa (6/7/2021) di Auditorium Universitas Cenderawasih Abepura, Kota Jayapura, Papua.

Baca juga: Calon Mahasiswa Uncen Wajib Perhatikan Jadwal Seleksi Mandiri Berikut Ini

Sahuleka menyebutkan, enam daerah yang menjadi lokasi seleksi penerimaan JMSB, ialah Kota Jayapura, Kabupaten Biak Numfor, Kepulauan Yapen, Wamena, Nabire dan Mimika.

Pria berkacamata itu mengatakan, otoritas kampus membuka seleksi penerimaan di berbagai daerah di Papua, dikarenakan untuk menghindari kerumunan massal saat tes berlangsung.

Menyikapi tren pandemi covid 19 yang tengah mengalami lonjakan kasus, Uncen bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dalam menyiapkan instrumen medis yang siap siaga saat tes JMSB berlangsung.

"Sebanyak dua ambulans, satu di kampus Uncen Abepura, dan satu di kampus Uncen Waena serta tenaga kesehatan juga disiapkan," sebutnya.

Disinggung soal kuota penerimaan, Sahuleka menyebutkan jumlah peserta yang diterima dari tiga jalur sebelumnya, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan SLSB ialah sebanyak 2.332 orang.

Baca juga: Bupati Toni Tesar Canangkan Kampus Uncen II di Yapen, Ini Pesan Presiden Jokowi

"Karena daya tampung kampus secara keseluruhan hanya 3.500 orang, maka jalur seleksi terakhir JMSB ini diterima hanya sekitar 1.500 orang," terangnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Rektor Uncen itu mengatakan daya tampung Uncen sangat terbatas, dimana ruang kelas untuk perkuliahan masih minim, dan juga jumlah tenaga pendidik yang kurang.

Ditanya seputar jurusan favorit bagi calon mahasiswa, Sahuleka menyebutkan semua jurusan di Uncen ialah favorit dan banyak peminatnya termasuk bidang sosial dan sains.

Hanya saja yang menjadi catatannya, khusus untuk Jurusan Kedokteran Uncen tidak dibuka melalui jalur mandiri JMSB.

Onesimus juga menegaskan, proses seleksi melalui berbagai jalur masuk di Uncen dipermudah.

"Bagi peserta yang secara administrasi pendaftaran terdapat kekeliruan, kami mengambil kebijakan dengan membebaskan lokasi tes di enam daerah dan yang terpenting telah membayar uang pendaftaran, serta mencetak kartu tanda peserta," jelasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved