Breaking News:

SEJARAH INDONESIA

8 Juli Dalam Sejarah, Satelit Pertama Palapa Indonesia Diluncurkan

Satelit yang diluncurkan 45 tahun yang lalu itu, merupakan satelit Palapa milik Indonesia bertipe HS-333 dengan massa 574 kg.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
TribunPontianak.co.id
Penampakan Satelit Palapa A1 yang diluncurkan dari Cape Canaveral Amerika Serikat dengan titik lepas di atas Samudera Hindia 8 Juli 1976. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara   

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - 8 Juli 2021 ialah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, sebab satelit pertama Palapa diluncurkan tepat tanggal 8 Juli 1976 oleh roket Amerika Serikat, dan dilepas di atas Samudera Hindia pada 83 derajat Bujur Timur.

Satelit yang diluncurkan 45 tahun yang lalu itu, merupakan satelit Palapa milik Indonesia bertipe HS-333 dengan massa 574 kg.

Asal usul nama Palapa yang diberikan kepada satelit perdana Indonesia itu, berasal dari "Sumpah Palapa" yang pernah dicetuskan oleh Patih Gajah Mada, dari Majapahit tahun 1334 silam.

Baca juga: 2 Juli dalam Catatan Sejarah, Krisis Keuangan Terburuk Landa Asia

Hadirnya satelit Palapa merupakan ide dan gagasan Presiden RI ke-2 HM Soeharto.

Dikisahkan saat itu Pak Harto, panggilan akrabnya, sedang memikirkan bagaimana menyambungkan komunikasi di wilayah nusantara, yang begitu luas dan terpisah jarak begitu jauh.

Sebab pentingnya kecepatan komunikasi, diperlukan demi mempercepat pembangunan di Indonesia, setelah masa Orde Lama.

Baca juga: 1 Juli Diperingati Sebagai Hari Bhayangkara, Ini Sejarah Singkat Polri

Tanpa komunikasi yang cepat, impian Indonesia untuk maju sejajar dengan bangsa lainnya akan hanya jadi impian. 

Inisiasi dari Presiden ke-2 RI tersebut, dieksekusi oleh Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel, kini PT Telekomunkasi Indonesia, PT Telkom) yang menggandeng perusahaan kedirgantaraan asal Amerika Serikat, yaitu Hughes Aircraft Company (Hughes Space and Communication Inc.).

Peluncuran Satelit Palapa A1 disiarkan di TVRI secara langsung dan di-relay oleh stasiun Palembang dan Medan.

Inisiasi meluncurkan satelit tersebut dilakukan oleh Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel, kini PT Telekomunkasi Indonesia, PT Telkom) yang menggandeng perusahaan kedirgantaraan asal Amerika Serikat, yaitu Hughes Aircraft Company (Hughes Space and Communication Inc.).

Sekadar diketahui, peluncuran perdana satelit Palapa milik Indonesia itu, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama di ASEAN yang memiliki satelit komunikasi. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved