Breaking News:

EKONOMI

2 Juli dalam Catatan Sejarah, Krisis Keuangan Terburuk Landa Asia

Krisis keuangan ini bermula di Thailand, dan dikenal dengan nama krisis tom yum kung di Thailand, bersamaan dengan jatuhnya nilai mata uang baht.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
EKONOMI - 2 Juli 1997 Silam, Krisis Keuangan Landa Asia, mengakibatkan negara-negara terpuruk termasuk Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara   

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA2 Juli 1997 terjadi krisis keuangan yang menerpa negara-negra di Asia dan menimbulkan kepanikan, bahkan ekonomi dunia hampir runtuh akibat pengaruhnya.

Krisis keuangan ini bermula di Thailand, dan dikenal dengan nama krisis tom yum kung di Thailand, bersamaan dengan jatuhnya nilai mata uang baht.

Setelah itu, pemerintah Thailand terpaksa mengambangkan baht, sebab minimnya valuta asing yang dapat mempertahankan pengaruhnya ke dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Naek Tigor Sinaga: Ekonomi Global Alami Pemulihan

Saat itu, Thailand menanggung beban utang luar negeri yang besar, hingga negara ini dapat dinyatakan bangkrut, sebelum nilai mata uangnya jatuh.

Saat krisis ini menyebar, nilai mata uang di sebagian besar Asia Tenggara dan Jepang ikut turun, serta nilai aset lainnya jatuh, dan utang swastanya naik drastis.

Negara-negara di Asia yang mengalami krisis keuangan terparah 2 Juli 1997, ini ialah Indonesia, Korea Selatan, dan Thailand.

Sementara itu, negara-negara lainnya di Asia yang terdampak ialah Hongkong, Laos, Malaysia, dan Filipina, sebab turunnya nilai mata uang.

Brunei, Cina, Singapura, Taiwan, dan Vietnam tidak kentara dampaknya saat itu, namun sama-sama merasakan turunnya permintaan dan kepercayaan investor di seluruh Asia.

Rasio utang luar negeri terhadap PDB naik dari 100% menjadi 167% di empat negara besar ASEAN pada tahun 1993–96, lalu melonjak hingga 180% pada masa-masa terparah dalam krisis ini.

Baca juga: Cegah Krisis Keuangan di Korea Utara, Kim Jong Un Diduga Kerahkan Hacker untuk Curi Kriptokurensi

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved