Breaking News:

MENCARI PENGGANTI KLEMEN TINAL

DPD Demokrat Tunjuk Yunus Wonda Bertarung Isi Kekosongan Kursi Wagub Papua

Yunus Wonda menjadi kandidat yang dipilih DPD Partai Demokrat untuk diajukan di Koalisi Papua Bangkit Jilid II guna menduduki kursi wakil gubernur

Penulis: Ridwan Abubakar Sangaji | Editor: Musa Abubar
TribunPapua.com/Roy_Ratumakin/grafis
ILUSTRASI _ Siapa pendamping Lukas Enembe selanjutnya, pascameninggalnya Klemen Tinal. Ada wacana Plt Wagub akan ditentukan koalisi parpol dan opsi penunjukan plt dari kemendagri. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Ridwan Abubakar

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURAYunus Wonda menjadi kandidat yang dipilih Dewan Pengurus Daerah Partai Demokrat untuk diajukan di Koalisi Papua Bangkit Jilid II guna menduduki kursi Wakil Gubernur.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Papua, Boy Markus Dawir mengaku dari 6 nama yang diajukan, Yunus Wonda yang ditunjuk oleh Ketua DPD Demokrat Papua, Lukas Enembe.

Baca juga: Militan Demokrat Minta RHP Calon dari Partai Demokrat Papua untuk Rebut Kursi Wagub

"Sesuai arahan dan perintah bahwa Yunus Wonda ditunjuk mewakili Partai Demokrat Papua dalam pencalonan Wakil Gubernur Papua," kata Boy Markus Dawir kepada Tribun-Papua.com di Jayapura,Rabu (14/7/2021).

Boy mengatakan saat ini pihaknya menunggu satu nama dari koalisi partai dan selanjutnya akan diusulkan.

Baca juga: Usung 1 Nama, Partai Hanura Serahkan Dokumen Calon Wagub Papua ke Koalisi

"Seandainya ada 4 atau 5 lima calon maka Gubernur akan memilih satu nama mendampingi Yunus Wonda lalu diusulkan ke DPRP," ujarnya.

Apabila dua nama itu nantinya diajukan, kata dia, maka akan ada pembentukan Pansus serta beberapa tahapan proses sesuai mekanisme.

Baca juga: Partai NasDem Resmi Undurkan Diri untuk tidak merebut kursi Wagub Papua

"DPRP bentuk pansus kemudian seleksi berkas selanjutnya diserahkan ke Majelis Rakyat Papua (MRP) untuk dicek keaslian orang asli Papua,"katanya.

"Jadi perintah Gubernur Lukas Enembe supaya proses ini secepatnya dilakukan dan tidak terlalu lama sehingga kekosongan kursi Wakil Gubernur Papua cepat terisi," ujarnya.

Baca juga: Rumah Almarhum Amelia Irfandi, Istri Eks Wagub Papua Tampak Sepi

Sebelumnya dikabarkan, ada 5 nama Bupati diusulkan DPD Partai Demokrat untuk mengisi kouta pencalonan kursi Wagub Papua.

Lima nama itu Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar, Bupati Waropen Jemerias Bisay, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagwak, Bupati Intan Jaya Natalis Tabuni dan Bupati Tolikara Usman G Wanimbo.

Baca juga: Gelar Rapat Bahas Kekosongan Kursi Wagub hingga Karlos R Deda Jabat Komandan Lanal Biak

Satu nama lainnya yakni Yunus Wonda yang kini menjabat di DPR Papua.Sementara Partai Hanura menyiapkan Kadernya yakni Kenius Kogoya.

Sekadar diketahui, Koalisi Papua Bangkit Lukmen Jilid II diusung dari 9 partai politik masing-masing, Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrasi (Nasdem),

Baca juga: Dukungan Ones Pahabol Jadi Wagub Papua Kembali Didegungkan

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Pesatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved