Breaking News:

Sampal Botol

Waspada Banjir, Botol Plastik Penuhi Drainase Kawasan Abepura

Sampah tersebut disinyalir merupakan sampah dari para pengguna jalan yang dibuang sembarangan dan menumpuk

Penulis: Nandi Tio G Effendy | Editor: M Choiruman
TRIBUN-PAPUA.COM
SAMPAH BOTOL - Tumpukan sampah dari botol plastik menumpuk dan menyumbat drainase yang berada di kawasan Abepura Papua, Senin (19/7/2021) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Tyo Effendy

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Lagi dan lagi ditemukan tumpukan sampah botol plastik bekas memenuhi saluran drainase di sekitar wilayah Abepura. Hal tersebut tentunya dapat berakibat banjir yang merugikan warga Kota Jayapura.

Dari pantauan Tribun-Papua.com, Senin (19/7/2021) pagi di depan ruko yang berada di Jalan Raya Abepura, terlihat tumpukan sampah botol plastik menjulang tinggi memenuhi drainase yang tidak memiliki penutup.

Miris, Sampah Plastik dan Botol Minuman Padati Kanal Kali Acai Kota Jayapura

Sampah tersebut disinyalir merupakan sampah dari para pengguna jalan yang dibuang sembarangan dan menumpuk. Jika dilihat botolnya, diperkirakan belum terlalu lama karena botolnya masih tersegel dan plastik merk masih terlihat bagus.

Tribun-Papua.com juga menanyakan warga sekitar atas hadirnya sampah tersebut pada Senin, (19/7/2021) Pagi.

Hairul Qalam mengaku setiap hari beraktivitas di sekitar tempat itu, namun menurutnya banyak pengendara dan pejalan kaki yang membuang sampahnya ke drainase itu.

Yan Deda, ASN Pemulung Botol Plastik di Ampera Kota Jayapura

"Jorok mas, ini di tengah kota tapi warga belum bisa buang sampah pada tempatnya," ujar pria yang berprofesi sebagai tukang service AC.

Wilayah disekitar Distrik Abepura memang terkenal kotor dan penuh sampah, sebelumnya saluran air pada kanal Kali Acai di Distrik Abepura, Kota Jayapura, dipadati sampah dan botol plastik.

Kondisi ini membuat sirkulasi air di kali tersebut tersendat. Fakta ini, menyusul pantauan Tribun-Papua.com, ketika menyusuri sisi kanal kali yang terletak di Kelurahan Wai Morock itu, Rabu (30/6/2021).

Sejak lama, Kali Acai yang bermuara di Teluk Youtefa terkenal kotor dan penuh sampah

Padahal, Pemerintah Kota Jayapura, aparat TNI dan polisi serta pegiat lingkungan sudah sering melakukan aktifitas pembersihan di kali itu. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved