Breaking News:

Mencari Pengganti Klemen Tinal

Profil Paskalis Kossay : Salah Satu Calon Cawagub dari DPD Golkar Papua

Paskalis Kossay adalah salah satu calon wakil gubernur Papua yang diputuskan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar provinsi setempat

Editor: Musa Abubar
(Alfian Kartono/Kompas.com)
Pengurus DPD Partai Golkar Papua kubu Agung Laksono. Paskalis Kossay (tengah) selaku Pelaksana Tugas Ketua DPD Golkar Papua didampingi Ketua Harian DPD Golkar Papua, John Tabo (kanan) dan Sekretaris DPD Golkar Papua, Victor Abraham. 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA- Paskalis Kossay adalah salah satu calon wakil gubernur Papua yang diputuskan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) provinsi setempat.

Paskalis Kossay, lahir di Elagaime, Papua, 12 Maret 1963. Paskalis adalah salah satu figur pemimpin asal Papua. Namanya tenar sejak 2004 diangkat menjadi anggota DPRD Papua periode 2004-2009 dari Partai Golkar.

Baca juga: Polresta Jayapura Kota Siap Tindaklanjut Instruksi Bareskrim Mabes Polri Terkait Penanganan Covid-19

Lalaki berkulit gelap itu berkeinginan kuat untuk menjaga integritas Republik Indonesia di bumi Cenderawasih.  Ambisi pria berkumis tipis ini untuk masuk ke dunia politik tidak lain untuk memajukan tanah kelahirannya.

Ia ingin lebih memperkenalkan bumi Papua ke tanah barat Indonesia, baik secara nasional maupun internasional membawanya duduk di kursi DPR RI.

Baca juga: Ini Daftar Kejahatan KKB yang Diketahui Mbobugu, Anggota dari Lekagak Telenggen

Kala itu, Paskalis dipercayakan partainya duduk di Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat RI periode 2004-2009 yang membidangi Pertahanan, Informasi, dan Luar Negeri.

Suami dari Rosmina Ruby yang mewakili Partai Golongan Karya duduk di kursi DPR RI kala itu mengaku rakyat Papua membutuhkan seorang yang mampu memberikan perubahan terhadap keadaan di daerahnya.

Baca juga: Harga Ikan di Jayapura Rp 35 Ribu Hingga Rp 1,5 Juta

Sejak duduk di kursi DPR untuk daerah pemilihan Papua, bagi dia sebuah kehormatan yang harus dibayar dengan perubahan ke arah yang positif.

Wakil Ketua I Bidang Organisasi, Golkar Papua, Max Richard Krey saat menyerahkan enam nama calon Wakil Gubernur Papua ke Koalisi Partai Papua Bangkit jilid II, Rabu (21/7/2021) malam.
Wakil Ketua I Bidang Organisasi, Golkar Papua, Max Richard Krey saat menyerahkan enam nama calon Wakil Gubernur Papua ke Koalisi Partai Papua Bangkit jilid II, Rabu (21/7/2021) malam. (Tribun-Papua.com/Calvin Erari)

Ditengah kesibukannya sebagai anggota dewan, ia sempat menulis autobiografi berjudul Pikiran dan Pandangan Paskalis Kossay tentang Papua: pergumulan putra Balim di Senayan.

Bukunya membuktikan keseriusannya di ibu kota memperjuangkan tanah leluhurnya.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok, Kamis 22 Juli 2021: Taurus Sangat Bahagia, Scorpio Cobalah Sedikit Terbuka

Paskalis dikaruniai tiga orang anak. Dia tertarik di dunia ekonomi dan manajemen mendorongnya melanjutkan studi strata dua di Manajemen Universitas Hanasanudin (UNHAS) Makassar, Sulawesi Selatan dan lulus pada 2005.

Nama Paskalis juga masuk salah satu dari enam nama calon Wakil Gubernur Papua yang diputuskan oleh DPD Golkar Provinsi Papua.

Baca juga: Miliki Dokumen Palsu Swab dan Vaksin, 1 Penumpang Sriwijaya Air Dibekuk Satgas Covid-19 Kota Sorong

Sebelumnya dikabarkan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Papua kembali usulkan enam nama sebagai calon Wakil Gubernur Papua, ke Partai Koalisi Papua Bangkit jilid II.

Wakil Ketua I Bidang Organisasi Golkar Papua Max Richard Krey, mengatakan pihaknya telah mengusulkan enam nama.

Baca juga: Kabaintelkam Polri Paulus Waterpauw Masuk Bursa Calon Wagub dari DPD Golkar Papua

Enam nama tersebut di antaranya, Fernando Yansen Tinal, John Tabo, Kenius Kogoya, Ones Pahabol, Paskalis Kossay, dan Paulus Waterpauw.

"Enam nama ini sesuai keputusan DPD Partai Golkar Papua, dan keputusan inipun sudah disetujui oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP)," kata Max kepada Tribun-Papua.com, Rabu (21/7/2021) malam. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved