Breaking News:

Virus Corona

Resmikan Pengisian Oksigen Gratis di Malang, Khofifah Indar Parawansa: Ada ISO Tank Kami Taruh Sini

Pengisian oksigen untuk warga Jawa Timur kini gratis untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Editor: Claudia Noventa
TribunJateng
ILUSTRASI Tabung Oksigen 

TRIBUN-PAPUA.COM - Pengisian oksigen untuk warga Jawa Timur kini gratis untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kebijakan tersebut diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, pada Senin (26/7/2021).

Tempat pengisian oksigen gratis itu bertempat di halaman Kantor Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) Jawa Timur III, Kota Malang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan pengisian oksigen gratis di Bakorwil III Malang, Senin (26/7/2021).
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan pengisian oksigen gratis di Bakorwil III Malang, Senin (26/7/2021). (KOMPAS.COM/ANDI HARTIK)

Khofifah mengatakan, jika dibutuhkan, pihaknya akan melengkapi tempat pengisian oksigen itu dengan ISO tank oksigen dengan kapasitas 20 ton.

"Layanan ini akan tetap bisa diakses. Jadi, yang melakukan isolasi terpusat, belum tentu mereka punya silinder atau tabung oksigen. Jadi, tabung oksigen ini tetap bisa memberikan layanan secara personal," kata Khofifah.

Baca juga: Jalan ke TPU Khusus Covid-19 Buper Waena Becek, Ban Mobil Ambulance Sering Tertanam

Baca juga: Petugas Pemakaman Covid-19 Butuh Perhatian, Sehari Bisa Makamkan 8 Jenazah

Melalui ISO tank itu, tempat pengisian oksigen itu juga bisa memasok untuk kebutuhan oksigen di rumah sakit.

"Kalau dirasa dibutuhkan, ada ISO tank yang kami taruh di sini. Jadi, kalau ISO tank bisa 20 ton. Sehingga yang bisa diisi di sini, bukan hanya yang satu meter kubik, tapi yang enam meter kubik ini bisa," kata dia.

"Itu ada tiga ISO tank yang hari ini datang, dan tadi saya komunikasikan, kalau memang kebutuhan di rumah sakit Malang Raya, karena pasti kalau silinder yang enam meter kubik ini untuk layanan rumah sakit, monggo, saya rasa kita juga bisa tempatkan di sini untuk 20 ton," kata dia.

Khofifah memastikan, stok oksigen di Jawa Timur dalam kondisi aman.

Pihaknya tinggal mendistribusikan dengan menjalin kontrak dengan perusahaan penyedia oksigen.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved