Breaking News:

Covid19 Papua

45 Warga Binaan Lapas Abepura Telah Divaksin Covid-19, Kebanyakan Takut Disuntik 

Dari 627 orang warga binaan Lapas kelas II A Abepura, baru sebagian kecil yang telah tervaksin Covid-19 lantaran ragu dan takut vaksin.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Paul Manahara Tambunan
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
COVID19 PAPUA - Dokter Lapas kelas II A Abepura, dr Everlien Julita Kailola mengatakan sebanyak 45 warga binaan telah tervaksin Covid-19 tahap I, dan sebagian besar dari warga binaan yang belum divaksin, dikarenakan takut disuntik vaksin. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Abepura telah melaksanakan vaksinasi tahap satu bagi 45 warga binaannya.

Sebagian dari warga binaan masih takut disuntik vaksin Covid-19.

Hal itu diungkapkan dokter yang bertugas di Lapas kelas II A Abepura, dr Everlien Julita Kailola saat ditemui Tribun-Papua.com, Selasa (3/8/2021).

"Kami telah melaksanakan vakasinasi tahap pertama tanggal 19 Juli 2021, dan sebanyak 45 orang sudah tervaksin di Lapas Abepura," ujar Julita.

Baca juga: Narapidana Pentolan KKB Yang Kabur Masuk DPO Polda dan Kemenhumkam Papua

Baca juga: Security Uncen Tewas Ditikam, Polisi: Kami Tengah Memburu Pelaku

Dia menyebutkan, dari 627 orang warga binaan Lapas kelas II A Abepura, baru sebagian kecil yang telah tervaksin Covid-19.

Hal ini lantaran para warga binaan yang masih ragu dan takut untuk divaksin.

"Para warga binaan masih takut, untuk itu upaya kami sebagai tenaga kesehatan di lapas dengan memberi contoh untuk divaksin duluan," terang Everlien. 

Everlien juga menjelaskan vaksinasi tahap 1 yang dilakukan di Lapas kelas II Abepura, ialah hasil kerja sama Rumah Sakit Jiwa Darurat Abepura dan pihak Lapas. 

Wanita asal Maluku itu juga menghimbau kepada pihak keluarga warga binaan, agar tidak perlu khawatir dan cemas, sebab kondisi kesehatan warga binaan akan terus dipantau. 

"Di Lapas Kelas II Abepura, punya Poliklinik yang setiap saat dapat digunakan oleh warga binaan yang butuh berobat," kata wanita berkacamata itu.

Di masa pandemi Covid-19, Everlien juga mengutarakan jika terdapat warga binaan baru, tidak disatukan dalam satu ruangan, tetapi dipisah dan harus dikarantina mandiri terlebih dahulu. 

"Kita di Lapas Kelas II A Abepura, punya ruangan isolasi atau karantina khusus untuk warga binaan yang baru masuk," ucapnya.(*) 

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved