Breaking News:

Sejarah

Selayang Pandang Stadion Mandala Jayapura

Pada zaman Belanda, Stadion Mandala disebut Lapangan Sepak Bola Dok V dan jarang dipakai untuk pertandingan dan kompetisi.

Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Nandi Tio G Effendy
Suasana Stadion Mandala Jayapura 

TRIBUN-PAPUA.COM: Stadion Mandala Jayapura yang merupakan home base-nya Persipura dibangun pada 1982.

Pada zaman Belanda, Stadion Mandala disebut Lapangan Sepak Bola Dok V dan jarang dipakai untuk pertandingan dan kompetisi.

Saat itu, kompetisi sepak bola Liga Hollandia Bond lebih banyak menggunakan Lapangan Bergendal atau Lapangan Argapura milik klub PSK Kajoe Pulau dan Lapangan Hollandia Binnen yang sekarang bernama Lapangan Trikora.

Baca juga: Stadion Mandala Jayapura Bakal Jadi Homebase Persipura di Piala AFC

Sekitar 1950, di Kota Jayapura (dulu Hollandia) terdapat dua liga sepak bola, yaitu Voetbalbond Hollandia en Omstreken (VHO) dan Voetbal Bond Hollandia (VBH).

Klub-klub dari liga tersebut bermain di lima lapangan yang ada di Hollandia atau Jayapura sekarang, dan salah satunya adalah Stadion Mandala atau Lapangan Dok V.

Stadion Mandala pertama kali direnovasi pada 1972-1973 oleh mantan Pangdam XVII Cenderawasih, Brigjen TNI AD Acub Zainal.

Brigjen TNI AD Acub Zainal juga yang mengagas diselenggarakannya Laga Acub Zainal Cup yaitu pertandingan sepak bola antar Kabupaten di Provinsi Irian Jaya.

Pascarenovasi Stadion Mandala diresmikan oleh Menteri Ekuin dan Ketua KONI Pusat saat itu, Sri Sultan Hamengku Buwana IX.

Pada 2009, Stadion Mandala direnovasi untuk disesuaikan dengan standar internasional menyambut ajang internasional yang dijalani oleh Persipura Jayapura.

Baca juga: Persipura Tak Boleh Gunakan Stadion Mandala, Benhur Ambil Hikmahnya: Tuhan Beri Solusi Sangat Tepat

Pada renovasi tersebut, Stadion Mandala dipasang papan skor digital dan big screen yang harganya mencapai Rp 10 miliar serta lampu stadion berharga sekitar Rp 7,8 miliar.

Selain itu, Stadion Mandala juga mendapat tambahan ruang ball boy, ruang pijat dan ruang internet berkecepatan tinggi untuk tempat jumpa pers dengan wartawan.

Stadion Mandala juga memiliki kualitas rumput yang hanya ada tiga di Indonesia, yaitu Stadion Jakabaring Palembang, Stadion GBK dan Stadion Mandala di Jayapura.

Di 2019, Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas PUPR kembali melakukan renovasi terhadap Stadion Mandala dengan menggunakan anggaran dana APBD 2019.

Stadion Mandala direnovasi secara keseluruhan mulai dari drainase lapangan, rumput, kursi penonton, hingga lampu yang akan disesuaikan standar dari AFC. (*)

Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved