KKB Papua

Bupati Yahukimo Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas KKB

Kami komunikasi terus dengan polisi dan TNI agar mereka ini dikejar, ditangkap, dan diadili sesuai perbuatan yang mereka lakukan. (Bupati Yahukimo)

FOTO POLRES YAHUKIMO UNTUK TRIBUN PAPUA
EVAKUASI - Jajaran anggota Polres Yahukimo melakukan identifikasi korban pembunuhan yang diduga dilakukan KKB di wilayah Yahukimo Provinsi Papua, Minggu (22/8/2021) sore. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bupati Yahukimo Didimus Yahuli meminta aparat keamanan menangkap kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang beberapa pekan terakhir membuat situasi keamanan di daerahnya mencekam.

"Kami sudah rapat bersama stakeholder, lalu langkah selanjutnya kami komunikasi terus dengan kepolisian dan TNI agar mereka ini dikejar, ditangkap, dan diadili sesuai perbuatan yang mereka lakukan," ujar Didimus saat dihubungi dari Jayapura, Rabu (25/8/2021).

Keberadaan KKB, lanjut dia, tidak diinginkan masyarakat karena membuat pembangunan jalan di Yahukimo terpaksa dihentikan.

Menurutnya, masyarakat tidak menginginkan tindakan kekerasan di daerahnya dan ingin agar aparat keamanan segera mengembalikan situasi Yahukimo kondusif.

Baca juga: Bupati Yahukimo Akan Tutup Tambang Emas Ilegal di Distrik Seradala

Baca juga: Waroenk Kombrof Pekerjakan Sebagian Besar Anak Papua, Ester: Kitorang Bisa!

"Tadi saya lihat mereka (masyarakat) sudah melakukan pernyataan sikap untuk menolak dan mengutuk pembunuhan yang dilakukan kepada orang sipil tidak berdosa ini," kata Didimus.

Diberitakan sebelumnya, KKB diduga melakukan aksi kriminal bersenjata di wikayah Distrik Dekai dalam dua pekan terakhir.

Akibatnya, selama Agustus 2021 sudah ada tiga korban tewas dan beberapa rumah dibakar.

Satgas Nemangkawi menyebut para pelaku merupakan KKB pimpinan Tenius Gwijangge, Senat Soll, dan Temianus Magayang.

Terbaru, ada dua pekerja pembangunan jembatan di Yahukimo yang tewas diduga dibunuh dan dibakar oleh KKB. (*)

Baca Selengkapnya >>>

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved