Tribun Network

Arsjad Rasjid Sebut Penerapan PPKM Berdampak Pada UMKM

Ketua Kamar Dagang dan Industri Republik Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sangat berdampak pada UMKM

Tribun-Papua.com/Patricia Laura Bonyadone
Ketua Kamar Dagang dan Industri Republik Indonesia Arsjad Rasjid melalui tangkapan Layar zomm meeting Tribun Network 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Patricia Laura Bonyadone

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA- Ketua Kamar Dagang dan Industri Republik Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sangat berdampak bagi setiap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Tidak hanya pengusaha besar, namun pengusaha kecil yang mungkin setiap harinya berdiri di emperan jalan atau di tengah jalan, ikut terdampak.

Baca juga: Atasi Rambut Rontok hingga Hilangkan Jerawat, Ini 6 Manfaat dari Cengkeh

Arsjad mengaku salut dengan spirit, motivasi dan dorongan masyarakat yang meski dibatasi, namun terus mencari kesempatan untuk berjualan.

Baca juga: Papua Adalah Indonesia, Semua Punya Tanggungjawab Membawa Papua Lebih Baik

"Apapun itu, jika protokolnya jelas dan tidak menganggu keseharian, maka roda ekonomi harus tetap berjalan,"katanya dalam acara Talkshow yang digelar oleh Tribun Network,Jumat (27/8/2021).

Menurut dia, pihaknya sering menyuarakan berjualan itu baik tapi memperhatikan diri, apakah sudah di vaksin, karena belum ada obat yang bisa mengatasi corona.

"Mungkin begini, rata-rata setiap pabrik atau usaha besar sudah melakukan vaksinasi. Kenapa tidak dibuka saja usahanya, melihat fokus pemerintah adalah kesehatan,"ujarnya.

Baca juga: Siap Hadapi Persita, Jacksen : Kami Waspadai Otak Pelatih Widodo

Pandemi Covid-19 ini kan pertama kali terjadi di Indonesia, tentu banyak yang kurang paham dan masih melihat dari berbagai macam sisi.

Akan tetapi, kata dia, bila kesehatan menjadi tolak ukur suatu ekonomi bergerak maka akan sulit.

"Kita memang panik dan takut, tapi jangan sampai hal-hal seperti ini justru menguasai kita. Maka ini agak bahaya, karena sudah tidak melihat sisi sosial tapi ayo kita lihat masyarakat kecil,"katanya.

Baca juga: Bocah 5 Tahun Hanya Bisa Menangis Lihat Adiknya Tak Bernyawa, Ditinggalkan Orangtua di Warung Kosong

Dia mengatakan, rakyat saat ini sebenarnya hanya sedang melawan dua perang yakni perang ekonomi dan perang corona.

"Kita pasti bisa bangkit, ekonomi akan pulih dan Indonesia kembali sehat. Meskipun semua negara sedang susah, namun kita harus berjuang dan berbeda,"tambah dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved